Lagi-lagi Patung Jenderal Sudirman Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

4
0
Lagi-lagi Patung Jenderal Sudirman Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

Tindakan jahil orang tidak dikenal tampaknya menjadi permasalahan tersendiri di DKI Jakarta. Kali ini Patung Jenderal Sudirman yang berlokasi di Dukuh Atas menjadi sasaran aksi vandalism.

Menurut laporan, bagian keramik patung itu dicorat-coret oleh oknum iseng yang tidak bertanggung jawab. Coretan itu berupa cat putih pada bagian bawha batu pertama patung. Selain itu coretan juga terdapat di sisi depan dan samping patung Sudirman.

Lagi-lagi Patung Jenderal Sudirman Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

Hari Andan selaku Lurah Karet Tengsin menduga aksi vandalisme itu dilakukan saat malam hari. Sebab, di pagi hari, petugas PPSU sudah menemukan patung itu telah dicoret-coret. Hari juga mengatakan petugas PPSU langsung membersihkan coretan di patung. Saat ini, kondisi patung sudah terbebas dari coretan vandalisme.

“Jadi tadi pagi kami dapat informasi dan langsung kami hapus. Siapa yang mencoret kami nggak tahu. Mungkin kejadiannya malam, kita ketika ada sarpras tidak sesuai dan wewenang kelurahan kami akan tindaklanjuti,” kata Hari pada Minggu (19/6), mengutip dari detik.com.

Lagi-lagi Patung Jenderal Sudirman Jadi Sasaran Aksi Vandalisme

Sebagai informasi, Patung Jenderal Sudirman di Dukuh Atas, Jakarta Pusat sudah berkali-kali ternodai oleh aksi corat-coret atau vandalisme orang usil. Untuk kesekian kalinya coretan itu dihapus.
Pada tahun 2015, patung pahlawan Indonesia ini dua kali menjadi korban vandalisme. Saat itu, patung ini sempat dicorat-coret di bagian penyangganya yang setinggi 5,5 meter itu.

Sebagai informasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia vandalism merupakan perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya atau perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas. Salah satunya adalah mencorat-coret di tempat yang tidak seharusnya.

Baca Juga: Jakarta Menjadi Kota Dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia, Apa Penyebabnya?

Menurut I-Listener hukuman apa yang cocok untuk pelaku tindakan vandalism supaya kejadia di atas tidak terulang kembali?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto