Kompetisi robot di Amerika, Indonesia jadi juara umum

317

Beberapa tahun belakangan ini, nama Indonesia di kontes robot dunia cukup menarik perhatian dan membuat bangga Nusantara, karena keberhasilannya mendapat penghargaan bergengsi.

Kali ini, tim Indonesia [6 mahasiswa] yang berasal dari Universitas Islam Sultan Agung [Unnisula] dan Universitas Sriwijaya [Unsri], yang diketuai oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Unnisula, Dr. Sri Artini D. Prasetyowati, M.SI, berhasil meraih dua medali emas, dua medali perak, dan dua penghargaan untuk kategori unik.

Penghargaan tersebut didapat dalam kontes Trinity College International Robot Contest, Connecticut, Amerika Serikat [1-3 April kemarin].

Dengan perolehan penghargaan tersebut, tim Indonesia menjadi juara umum kontes robot ini, yang diikuti oleh 80 tim dari berbagai perguruan tinggi yang berasal dari Amerika Serikat, Tiongkok, Kanada, Israel, dan Indonesia.

Selain itu, untuk pertama kalinya tim Khaum 1 asal Unnisula berhasil meraih juara tertinggi yaitu, Grand Performance Mastery Prize [GPMP].

Salah satu kehebatan robot buatan Indonesia dalam kategori fire fighting adalah, dapat mengangkat boneka bayi dalam simulasi kamar yang sedang kebakaran, sedangkan tim lain tidak bisa.

Keren kan I-Listeners. #IndonesiaKerenBanget. [teks @
bartno | sumber Antaranews.com| foto chip.co.id]