Kembali! Bendera Indonesia Dipastikan Tak Berkibar di Piala AFF 2020

26
0
Bendera Indonesia Dipastikan Tak Berkibar di Piala AFF 2020

Kabar buruk hadir menimpa timnas Indonesia jelang perhelatan Piala AFF 2020 yang akan diselenggarakan pada bulan Desember 2022 mendatang. Dikonfirmasi langsung oleh PSSI bahwa Bendera Merah-Putih tak bisa berkibar di gelaran Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia akan berlaga di turnamen Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 hingga Januari 2022. Namun sayangnya, dalam turnamen tersebut Indonesia tak diperbolehkan untuk mengibarkan bendera Merah-Putih menyusul sanksi Badan Anti-doping Dunia (WADA).

Bendera Indonesia Dipastikan Tak Berkibar di Piala AFF 2020

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa Bendera Indonesia tidak dapat berkibar kalau timnas juara. Namun, saat ini ia sedang mengusahakan dengan mengirim surat ke Kemenpora dan LADI agar Bendera Indonesia tetap diperbolehkan masuk ke stadion pertandingan untuk momen menyanyikan lagu kebangsaan sebelum bertanding.

“Ya kan itu bukan ranahnya di kita. Sejak acara badminton (Piala Thomas) itu kami sudah bersurat juga ya ke Kemenpora dan LADI,” kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

“Kami menunggu. Yang jelas apapun keputusan yang diambil, kami ikut karena aturannya memang demikian. Mudah-mudahan bisa juara,” ujarnya.

Sebelumnya, Indonesia juga tak boleh mengibarkan bendera Merah-Putih ketika menjadi juara di Piala Thomas 2020. Kala itu, tim bulutangkis Indonesia menjadi juara saat mengalahkan China di partai final sekaligus mengakhiri puasa gelar selama 19 tahun di ajang Piala Thomas.

Baca Juga : Ini 40 Password Paling Sering Digunakan Di Indonesia, Dari Bismillah Hingga Sayangku

Di laga uji coba terakhir timnas Indonesia saat melawan Afghanistan pada 16 November lalu, juga tak boleh membentangkan bendera Merah-Putih. Dipastikan Indonesia akan bertarung di Piala AFF tanpa bendera Merah-Putih dan digantikan dengan bendera PSSI.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah