Keistimewaan bulan suci Ramadhan

3114
0

Dalam Indahnya Islam bersama Indra Prasta, Angga Nggok dan Ustadz Zahruddin Sultoni, membahas keistimewaan bulan suci Ramadhan.

Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam. Pada bulan inilah, umat Islam berlomba-lomba beribadah dan beramal sebanyak mungkin.

Bagaimana sebenarnya penghitungan kapan datangnya Ramadhan?

Ada dua metode untuk memperkirakan datangnya Ramadhan. Pertama, dengan metode rukyatul hilal, atau melihat langsung hilal. Metode ini digunakan pada zaman Nabi, dan tidak bisa dilihat di sembarang tempat.

Karena di Arab masih memiliki udara dan langit yang kering, maka hilal bisa terlihat dengan jelas

Metode yang kedua adalah dengan hisab. Di zaman serba teknologi ini, metode yang lebih sering digunakan adalah dengan menghitung hisab. Setelah perhitungan tersebut, hilal dipastikan dengan alat bantuan optik untuk memastikan bulan sabit pada posisi 2 derajat.

Kenapa Indonesia seringkali memulai puasa atau lebaran di tanggal yang berbeda?

Di negara lain, pemerintah adalah satu-satunya sumber yang menentukan kapan hilal terlihat. Sedangkan di Indonesia, selain pemerintah, ada organisasi Islam dengan penganut yang sangat banyak.

Pada saat sidang isbat sendiri, Menteri Agama bisa menentukan tanggal puasa atau lebaran dengan menuruti kata para astronomi yang menentukan hilal. Dan para astronomi tersebut juga terkadang berasal dari organisasi Islam tersebut.

Sebenarnya di Al Quran sendiri, sudah dituliskan bahwa umat Islam harus mematuhi aturan dari pemerintahnya.

Apa yang membuat Ramadhan spesial?

Banyak peristiwa yang terjadi di sepanjang sejarah bulan Ramadhan. Khususnya di bulan ini, umat Islam diberikan banyak pembelajaran dan pelatihan, serta banyak manfaat dibaliknya.

Seperti, melatih kejujuran dan keteguhan diri untuk tidak makan dan minum sebelum maghrib, lalu menahan nafsu untuk tidak melakukan hubungan suami-istri di siang hari.

Juga pada bulan ini, kitab suci Al Quran diturunkan. Al Quran menjadi petunjuk mutlak manusia (tidak hanya Islam) untuk sukses dunia akhirat.

Dan hanya di bulan Ramadhan, terdapat malam Lailatul Qadr. Apabila beribadah pada malam ini, maka pahalanya bernilai lebih dari 1000 bulan.

Dengarkan obrolan seputar Islam dalam Indahnya Islam, setiap Senin – Jumat pukul 17.00 di IRadio Jakarta!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Gabriella Sakareza | foto ngadem.com]

Baca juga:
Vidi Aldiano sambut Ramadhan dengan aksi membanggakan
Rizky Febian naik ke posisi jawara dengan “Cukup Tau”
Tahu tentang Jakarta melalui karya anak sekolah!

LEAVE A REPLY