Kalahkan 8000 Foto Di Seluruh Dunia, Foto Orangutan Kalimantan Menang Penghargaan Internasional

26263
0
Foto Orangutan Kalimantan Menang Penghargaan Internasional

Foto dari hewan primata asal Indonesia, Orangutan Kalimantan memenangi Penghargaan tingkat dunia di kompetisi Nature TTL Photographer of the Year tahun 2021. Menariknya, foto Orangutan Kalimantan itu mengalahkan 8.000 foto dari seluruh dunia.

Ditengah kekhawatiran mengenai populasi orangutan Kalimantan yang semakin berkurang ada sosok yang peduli dengan hewan primata asli Indonesia itu. Ia adalah fotografer asal Kanada, Thomas Vijayan yang memotret dengan luar biasa yang memperlihatkan orangutan dan pantulan langit di atas air.

Foto Orangutan Kalimantan Menang Penghargaan Internasional

Foto dari Vijayan ini kemudian diikutsertakan dalam kompetisi Nature TTL Photographer of the Year tahun 2021 dan berhasil merebut peringkat pertama dari 8.000 foto yang ikut dalam ajang tersebut.

“Foto yang dibuatnya benar-benar unik dan langsung terlihat unggul di hadapan panel juri,” kata Will Nicholls, pendiri kompetisi Nature TTL.

“Dengan perspektif dan komposisi yang unik, Anda ingin segera mencari tahu apa sebenarnya yang Anda lihat,” kata Nicholls.

Foto Orangutan Kalimantan Menang Penghargaan Internasional

Meskipun orang Kanada, Vijayan ternyata memiliki rasa kepedulian tentang populasi dari orangutan Kalimantan yang kian mengkhawatirkan. Apalagi banyak pohon yang menjadi tempat tinggal orangutan ditebang oleh oknum-oknum untuk kepentingan mereka.

“Foto ini sangat berarti bagi saya karena saat ini populasi orangutan berkurang pada tingkat yang mengkhawatirkan,” kata Vijayan.

“Pohon berusia lebih dari 1.000 tahun itu, yang merupakan aset utama bagi Bumi, ditebang untuk kepentingan perusahaan kelapa sawit.

“Sebagai manusia, kita memiliki banyak pilihan alternatif untuk mendapatkan pengganti minyak, tapi orangutan tidak memiliki pilihan selain kehilangan rumah mereka,” ucapnya.

Baca Juga : Raih Poin Perdana Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ini Posisi Timnas Indonesia Di Klasemen Grup G

Vijayan pun berhak meraih hadiah total £1.500 atau sekitar Rp30 juta sebagai juara pertama kompetisi Nature TTL Photographer of the Year tahun 2021. Fotografer asal Kanada itu juga menang di kategori Perilaku Satwa.