Jokowi Pidato Kemenangan, Prabowo Tolak Hasil Pilpres

39
0

Jakarta (21/05) Kedua Pasangan Calon Presiden pada Pemilu 2019 memberikan  pernyataan resmi pasca pengumuman hasil rekapitulasi surat suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada dini hari tadi.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo yang ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak dalam rekapitulasi suara tersebut mengaku bersyukur bisa terpilih kembali menjadi presiden untuk yang kedua kalinya.

Setelah dilantik Oktober, kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh Rakyat Indonesia. Kami adalah pemimpin dan pengayom dari 100 persen rakyat Indonesia,” kata Jokowi dalam jumpa pers bersama Ma’ruf Amin di Kampung Deret Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Jokowi pun berjanji bersama Wakilnya Maruf Amin akan berjuan keras bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga menggelar konferensi Pers di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan  untuk menyikapi hasil Pilpres 2019.

Dalam pernyataannya, Mantan Danjen Kopassus itu mengaku menolak seluruh hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU.

Oleh karena itu sesuai dengan apa yang pernah kami sampaikan pada tanggal 14 Mei 2019 yang lalu di hotel Sahid Jaya, kami pihak paslon 02 menolak semua hasil perhitungan suara pilpres yang diumumkan oleh KPU pada tanggal 21 mei 2019 (selasa) dini hari tadi,” ujar Prabowo.

Ia pun mengaku akan menempuh jalur hukum dalam menyikapi hasil Pilpres dengan mengajukan gugatan sengketa hasil Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sikap kita ke depan hukum dan upaya konstitusional lainnya itu akan kami laksanakan untuk membuktikan kebenaran bahwa kita sungguh-sungguh benar-benar menjunjung tinggi kehidupan hukum dan kehidupan demokrasi,” ucapnya.

Sebelumnya, KPU menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional untuk Pilpres 2019 dalam sidang pleno pada Selasa dini hari tadi. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang atas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jumlah perolehan suara Jokowi-Ma’ruf sebanyak 85.607.362 atau 55,50 persen suara, sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen suara. Selisih suara kedua pasangan 16.957.123 atau 11 persen suara.

[teks timnewsroom | foto bisnis.com]

LEAVE A REPLY