Jarang Terekspos, Pulau Terluar Indonesia Ini Ternyata Punya Pesona Indah

1153
0

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki sekitar 17.491 pulau yang terbentang dari Sabang samapai Merauke. Tak banyak orang tahu bahwa pulau terluar atau yang berbatasan dengan negara lain di Indonesia, memilki pesona alam dan panorama indah, namun keberadaannya tidak terekspos karena keterbatasan akses, kira-kira pulau terluar mana yang punya pesona menawan itu? Berikut ulasannya.

Pulau Rondo

Pulau Indah di Indonesia yang jarang terekspos

Pulau ini berada paling utara di tanah air berbatasan langsung dengan India, yang sering disebut sebagai penjaga utara Indonesia. Sebenarnya Pulau Rondo menjadi titik nol, namun karena keterbatasan akses, pemerintah memindahkan titik nol ke Sabang. Jika Anda mengunjungi pulau itu, sensasi misterius akan didapatkan, pasalnya Pulau Rondo dijaga oleh berbagai spesies ular. Dibalik kengeriannya, Pulau ini memiliki pesona laut yang begitu indah.

Pulau Alor

Pulau Indah di Indonesia yang jarang terekspos

Terletak di Nusa Tengga Timur tepatnya sebelah Flores dan Lembat, Pulau Alor merupakan surga tersembunyi nusantara karena memiliki bentang alam yang sangat indah, terutama wisata bawah lautnya. Pulau ini terbagi atas pulau-pulau kecil yang memebuat ikan dan rumput laut menjadi komoditas utama. Untuk menuju kesini, perlu perjuangan besar, sebab tak banyak maskapai dan hanya pesawat kecil yang bisa mendarat, sehingga ketika cuaca buruk penerbangan harus dibatalkan. Meski begitu Pulau Alor punya daya tersendiri bagi para traveler.

Pulau Kisar

Pulau Indah di Indonesia yang jarang terekspos

Pulau Kisar merupakan bagian dari Kabupaten Maluku Barat Daya, yang berada di Selat Wetar, berbatasan langsung dengan Timor Leste. Keindahan laut dan pantai pasir putih akan menyihir pandangan bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. Uniknya, mesikipun berada di kepulauan, penduduk di sana mayoritas bercocok tanam dengan hasil buah-buahan, kacang-kacangan dan sebagainya.

Pulau Dolangan

Pulau ini berlokasi di Laut Sulawesi yang menjadi batas antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina tepatnya berada di Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah. Pulau ini merupakan surga bagi para pecinta wisata bahari, karena memiliki terumbu karang indah serta banyak ikan dengan warna dan spesies yang unik.

Baca Juga : Trending, Kontroversi Pembangunan Jalan Anyer-Panarukan Mencuat

Pulau Berhala

Pulau Indah di Indonesia yang jarang terekspos

Di Pulau ini terdapat penangkaran penyu yang berada di Selat Malaka, Kecamatan Tanjung beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Beragam spesies ikan dan karang dapat ditemukan di pulau ini, sehingga ketika menyelam akan bersemuka dengan penghuni laut itu.  Pulau Berhala memiliki luas sekitar 2,5 kilometer persegi dengan kontur tanah dataran tinggi dan hutan lebat. Pasirnya yang putih bersih menjadi pemanis pulau ini.

Sumber