Jalani 3 Kali Kemoterapi Hingga Botak, Ini Kanker Langka Yang Diidap Ari Lasso

45
0
Jalani 3 Kali Kemoterapi Hingga Botak, Ini Kanker Langka Yang Diidap Ari Lasso

Musisi Ari Lasso menunjukkan kabar terbarunya yang saat ini sedang menjalani kemoterapi untuk sembuh dari kanker limfoma. Ari Lasso mengaku memangkas habis rambutnya hingga botak setelah menjalani tiga kali kemoterapi.

Tak sedikit pun raut wajah sedih ditunjukkan oleh Ari Lasso dalam akun Instagramnya yang tengah berjuang untuk melawan kanker yang dialaminya. Ari mengaku sudah menjalani tiga kali kemoterapi dan sudah melalui setengah proses dari kesembuhannya.

Ia menyebut bahwa kepalanya telah gundul seperti sahabat-sahabatnya yakni Ahmad Dhani, Deddy Corbuzier, dan Anji. Namun, ia yakin rambutnya bisa kembali gondrong seperti sedia kala.

“Memberanikan diri posting. Sudah chemo ke 3, sudah separuh jalan, bisa menjalani tentu karena penyertaan TUHAN dan doa serta suport kalian smua.” tulis Ari Lasso dalam akun Instagramnya.

“Ya, sy sudah gundul sperti @ahmaddhaniofficial @mastercorbuzier @duniamanji, tapi saya yakin msh bisa tumbuh n gondrong lagi. Trimakasih doanya teman2 love u full !!! Tuhan membalas.” tambahnya.

Jalani 3 Kali Kemoterapi Hingga Botak, Ini Kanker Langka Yang Diidap Ari Lasso

Ari mengidap kanker langka Limfoma. Limfoma merupakan kanker sistem limfatik bagian jaringan tubuh yang melawan kuman. Sistem limfatik ini termasuk kelenjar getah bening, limpa, kelenjar timus, dan sumsum tulang.

Terdapat dua jenis limfoma, yaitu Limfoma Non-Hodgkin dan Limfoma Hodgkin. Berikut ini adalah perbedaannya.

Limfoma Non-Hodgkin (LNH)

Limfoma Non-Hodgkin awalnya mempengaruhi kelompok kelenjar getah bening di satu area tubuh kemudian sel-sel limfoma akan menyebar melalui limfatik ke kelenjar getah bening ke area tubuh lain. Bagian lain yang terkena bisa masuk ke dalam aliran darah. Ada dua tingkat dalam Limfoma Non-Hodgkin ini yaitu tinggi dan rendah.

Saat sel-sel limfoma sampai di area baru maka mereka dapat membuat tumor baru. Hal ini akan terjadi mulai dari leher, ketiak, dada, selangkangan, dan perut. Tumor ini juga akan menyerang organ dalam termasuk limpa, hati, paru-paru, atau sumsum tulang.

Limfoma Hodgkin

Limfoma jenis ini akan menyebabkan pembengkakan di leher, ketiak, atau selangkangan. Gejal  lainnya yaitu batuk, nyeri dada, masalah pernapasan, kulit memerah, sering berkeringat di malam hari, serta suhu tubuh tiba-tiba tinggi tanpa sebab.

Biasanya gejala dari kanker limfoma ini dimulai ketika sel darah putih yang melawan penyakit limfosit yang mengembangkan mutasi genetik, sementara mutasi membuat sel berkembang biak dengan cepat sehingga dapat menyebabkan banyak limfosit sakit yang terus berkembang biak.

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko limfoma, seperti:

Laki-Laki: Limfoma lebih banyak berkembang pada kaum pria ketimbang wanita

Usia: Usia di atas 55 tahun kebanyakan didiagnosis kanker limfoma, namun juga sering terjadi pada usia-usia muda

Infeksi Virus: Virus Epsitein-Barr dan infeksi Helicobacter pylori dapat meningkatkan risiko limfoma

Sistem Kekebalan Tubuh Tidak Baik: Kekebalan tubuh yang buruk akan membuat munculnya kanker limfoma

Baca Juga : Dianggap Sebagai Budaya Malaysia Oleh Adidas Singapura, Ini Sebenarnya Asal Usul Wayang

Lekas membaik Ari Lasso! Semoga bisa kembali berkaya di industri musik Indonesia.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah