Istana Gelar Upacara Virtual HUT RI, Ini Cara Daftarnya

22
0

Jakarta (11/08) Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, resmi meluncurkan situs “Pandang Istana” secara virtual, Senin (10/8).

Pandang Istana merupakan situs resmi pemerintah yang digunakan sebagai kanal pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI).

Upacara yang biasanya digelar secara fisik pada 17 Agustus tiap tahunnya di Istana Negara tersebut kini bakal dilakukan secara virtual untuk pertama kalinya. Pemicunya tak lain adalah wabah Covid-19 yang belum kunjung mereda.

“Berbeda dengan tahun-tahun lalu, kali ini Bapak/Ibu kami undang untuk mengikuti HUT ke-75 RI tahun ini melalui virtual,” kata Heru di sebuah video Youtube yang diunggah di kanal Sekretariat Presiden.

Nah, masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu di situs Pandang Istana yang bisa dikunjungi di tautan https://pandangistana.setneg.go.id

Kemudian, baca syarat dan ketentuan pendaftaran dan gulir (scroll) layar ke bawah. Jika sudah, centang kotak persetujuan dan klik tombol “Daftar” tepat di bawah jendela pemutar video.

Langkah selanjutnya, pendaftar bisa mengisi formulir data diri yang disediakan guna verifikasi data.

Apabila berhasil, pendaftar akan menerima notifikasi melalui e-mail dan Whatsapp bahwa proses pendaftaran sedang diproses dan diverifikasi.

Setelah proses verifikasi selesai, pendaftar akan mendapatkan e-mail lanjutan yang berisi tautan untuk masuk ke ruangan video telekonferensi Zoom, lengkap dengan tata cara mengikuti proses upacara dan peraturan lainnya.

Sekretariat Presiden hanya membatasi sebanyak 17.845 undangan upacara virtual untuk masyarakat.

Meski demikian, belum ada informasi apakah kuota tersebut sudah terpenuhi atau belum. Sebab, pendaftaran sudah dibuka sejak Senin (10/8) kemarin tepat pada pukul 17:08:45.

Namun, bagi yang tidak bisa mendaftar, prosesi upacara HUT ke -75 RI biasanya bisa disaksikan melalui live streaming di kanal Youtube Sekretariat Negara di tautan berikut.

Pada upacara peringatan HUT RI yang digelar tahun lalu juga disiarkan secara langsung melalui kanal tersebut.

[teks timnesroom/kompas.com |foto setpres]