Ini Bahaya Yang Ditimbulkan Dari Masker Yang Tak Pernah Ganti

221
0
Bahaya Yang Ditimbulkan Apabila Memakai Masker Tanpa Diganti

Di situasi pandemi Covid-19 seperti ini, masker menjadi alat tidak bisa dipisahkan kemana pun saat beraktivitas di luar rumah. Namun begitu, terlalu berlama-lama tidak mengganti masker yang telah dipakai ternyata dapat membahayakan.

Bahaya Yang Ditimbulkan Dari Masker Tak Pernah Ganti

Penggunaan dalam pemakaian masker sehari-hari perlu diperhatikan. Terdapat efek bahaya yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan apabila tidak mengganti masker yang baru. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri merekomendasikan untuk jangan pernah menggunakan kembali masker sekali pakai. Dalam keadaan normal, masker ini harus dibuang.

Umumnya masker yang sekali dipakai hanya digunakan 8 jam sekali. Setelah itu, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga : Hadiah Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade Lebihi Amerika Serikat & Jepang

Berikut ini bahaya yang dapat ditimbulkan apabila memakai masker terlalu lama dan tidak menggantinya dengan yang baru.

Difungsikan Untuk Sekali Pakai

Bahaya Yang Ditimbulkan Dari Masker Tak Pernah Ganti

Dikutip dari National Academies of Sciences Engineering Medicine, bahwa masker dan respirator sekali pakai tidak dapat digunakan kembali dikarenakan berfungsi dengan menjebak partikel berbahaya di dalam jaring serat yang digunakan untuk membuatnya.

Apabila partikel berbahaya tersebut sudah menumpuk tidak dapat  dibersihkan kembali dan juga tidak bisa mencucinya dengan disinfektan.

Bakteri Menempel

Bahaya Yang Ditimbulkan Apabila Memakai Masker Tanpa Diganti

Apabila Anda memakai masker berulang, maka bakteri atau virus yang menempel dan sudah terjebak sebelumnya akan menempel di wajah.

Efektivitas Masker Menurun

Bahaya Yang Ditimbulkan Dari Masker Tak Pernah Ganti

Masker yang telah dipakai, efektivitasnya akan menurun untuk menyaring bakteri dan kuman dari sekitar. Tidak seperti masker baru yang belum digunakan.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah