Indonesia Wakili ASEAN di Piala Asia U-16

55
0

JAKARTA (23/9) Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari ASEAN yang akan tampil dalam gelaran Piala Asia U-16 2020 Bahrain. Kepastian itu didapat setelah Timnas U-16 Indonesia sukses menjadi runner up terbaik pada babak penyisihan yang berlangsung  di Jakarta pada 16-22 September 2019. Tim asuhan pelatih Bima Sakti itu hanya kalah selisih gol dari Timnas China U-16 yang sama-sama mengumpulkan 10 poin dari 4 laga.

Berada di Grup G, Timnas Indonesia U-16 sukses melesakan 27 gol dan hanya kebobolan 1 gol, selisih 1 gol dari Timnas dari Timnas U-16 China yang mengoleksi 28 gol tenpa kebobolan sama sekali.

Berdasarkan format kelolosan, ada empat peringkat kedua terbaik dari 11 grup yang lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020. Selain Indonesia, ada pula Yaman dari grup E, Uzbekistan dari B dan Oman dari grup D yang juga menjadi runner up terbaik. Sedangkan itu sesama wakil ASEAN lainnya yakni Vietnam dan Thailand gagal menjadi salah satu runner-up terbaik karena hanya meraih 6 poin.

Lolosnya Indonesia ke Piala Asia U-16 ini menjadi yang ketujuh kalinya. Dari enam keikutsertaan sebelumnya, Tim Garuda Muda meraih prestasi terbaiknya ketika menjadi peringkat keempat pada ajang Piala Asia U-16 1990. Sementara dalam edisi terakhir Piala Asia U-16 yang berlangsung pada tahun lalu, Indonesia harus terhenti pada babak perempat final. Timnas Indonesia U-16 yang pada kawtu itu dilatih Fakhri Husaeni harus mengakui kehebatan Australia dengan skor 3-2.

Untuk diketahui, Piala Asia U-16 2020 juga merupakan ajang kualifikasi menuju Piala Dunia U-17 2021. Nantinya, empat tim semifinalis akan langsung lolos ke Piala Dunia belia tersebut.

Berikut para peserta Piala Asia U-16 2020:

Tuan rumah: Bahrain

Juara grup: Tajikistan (A), India (B), Iran (C), Arab Saudi (D), Qatar (E), Uni Emirat Arab (F), China (G), Australia (H), Korea Utara (I), Jepang (J), Korea Selatan (K)

Runner-up terbaik: Yaman (E), Indonesia (G), Uzbekistan (B), Oman (D)

[Teks: Tim Newsrooms&Berbagai Sumber] [Foto: PSSI.org]