Indonesia Catatkan Sebagai Negara Paling Dermawan Di Dunia

18
0
Indonesia Catatkan Sebagai Negara Paling Dermawan Di Dunia

Keramah-tamahan dan tradisi lokal yang berkaitan dengan kegiatan beramal dan menolong sesama memang sangat banyak ditemukan di negara Indonesia. Terbukti, berdasarkan laporan World Giving Index (WGI) Indonesia menempati posisi teratas sebagai negara paling banyak memberikan bantuan.

Indonesia Catatkan Sebagai Negara Paling Dermawan Di Dunia

Situasi pandemi covid-19, tidak menghalangi masyarakat di Indonesia melakukan aksi sosial untuk membantu sekitarnya. Berdasar pada World Giving Index yang dikeluarkan oleh badan amal Charities Aid Foundation (CAF) pada Senin (14/6), Indonesia berada di peringkat pertama dengan skor indeks keseluruhan 69 persen.

Hal ini merupakan peningkatan yang cukup drastis, dimana pada tahun 2018 skor indeks Indonesia pada World Giving Index berada di bawahnya, yaitu 59 persen.

Dalam partisipasi memberikan sumbangan uang, Indonesia menempati urutan teratas dengan nilai 83 persen. Sementara dalam pada partisipasi kegiatan kesukarelawanan, nilai yang dicapai 60 persen.

Baca Juga : Bahasa Indonesia Masuk 10 Besar Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Direktur Filantropi Indonesia, Hamid Abidin mengatakan bahwa faktor Indonesia dapat menempati peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia adalah karena tradisi tolong menolong bangsa Indonesia di beberapa lembaga sosial dan filantropi sangatlah kuat.

“Hal ini terbukti dari temuan WIG yang menunjukkan bahwa donasi berbasis keagamaan (khususnya zakat, infak, dan sedekah) menjadi penggerak utama kegiatan filantropi di Indonesia di masa pandemi,” kata Hamid.