Hari Musik Nasional: Fakta Unik WR Supratman, Pencipta Lagu “Indonesia Raya”

160
0

Hari ini tanggal 9 Maret 2021 diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Tidak lengkap rasanya jika tidak mengulas tentang lagu yang sering dinyanyikan ketika setiap upacara hari Senin atau hari Kemerdekaan, yakni Indonesia Raya.

Seperti diketahui, pencipta lagu “Indonesia Raya” ialah Wage Rudolf (WR) Supratman. Namun, tahukah I-Listeners mengenai fakta-fakta tentang WR Supratman?

Berikut ini spesial Hari Musik Nasional, Iradio akan membeberkan fakta unik mengenai WR Supratman yang jarang diketahui.

Pernah Membuat Band

Hari Musik Nasional fakta wr supratman

WR Supratman sudah mulai menyukai musik sejak remaja. Ketika ulang tahunnya ke-17, WR Supratman dihadiahi sebuah biola oleh kakak iparnya, Van Eldick.

Beliau pun memutuskan untuk membuat band dengan kakak iparnya tersebut. Band dari WR Supratman bergenre jazz dengan nama Black and White.

Ciptakan Lagu “Indonesia Raya” Karena Tertantang

Hari Musik Nasional fakta wr supratman

Lagu “Indonesia Raya” yang saat ini menjadi lagu kemerdekaan bangsa Indonesia, rupanya berawal dari WR Supratman yang tanpa sengaja membaca sebuah artikel dari majalah Timboel yang berjudul “Manakah Komponis Indonesia yang Bisa Menciptakan Lagu Kebangsaan Indonesia yang Dapat Membangkitkan Semangat Rakyat?”

Dari membaca artikel tersebut, WR Supratman tertantang untuk membuat lagu yang nantinya bisa menjadi lagu kebangsaan Indonesia dan menjadi semangat Tanah Air.

Dari Gesekan Biola Terciptalah Lagu “Indonesia Raya”

fakta wr supratman

Andai sewaktu remaja WR Supratman tidak dihadiahi sebuah biola oleh kakak iparnya, bisa jadi lagu “Indonesia Raya” tidak akan tercipta. Pasalnya, lagu Indonesia Raya tercipta dari gesekan biolanya WR Supratman. Lagu kemerdekaan Indonesia itu diperkenalkan pertama kali pada Kongres Pemuda II yang digelar 28 Oktober 1928.

Ditangkap Karena Dukung Jepang

Gara-gara lagu yang diciptakan, WR Supratman ternyata pernah ditangkap oleh Belanda. Lagu tersebut berjudul “Matahari Terbit” yang diduga mendukung Kekaisaran Jepang pada 7 Agustus 1938.

Baca Juga : ‘Anak Senja’ Generasi Masa Kini vs Generasi 90an

Dari fakta-fakta di atas, mana fakta lain yang Anda ketahui tentang WR Supratman?