Gunung Semeru Meletus, Hampir 30 Kali Letusan

22
0

Gunung Semeru mengalami erupsi atau letusan hingga puluhan kali pada Senin (05/12). Saat ini status Gunung Semeru ditingkatkan dari ‘Siaga’ menjadi ‘Awas’ atau dari Level III menjadi Level IV oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, Mukdas Sofian, mengatakan bahwa telah terjadi hampir 30 kali letusan atau erupsi di Gunung Semeru pada periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB.

“Hasil pengamatan kegempaan hari ini selama enam jam, Gunung Semeru juga mengalami 29 kali letusan atau erupsi dengan amplitudo 11-22 mm dan lama gempa 65-120 detik,” ucap Mukdas Sofian dalam keterangan tertulis sebagaimana dikutip kantor berita¬†Antara.

Dilaporkan bahwa telah terjadi enam kali gempa guguran dengan amplitudo 1-8 mm dan lama gempa 50-140 detik, satu kali gempa vulkanik dalam, dan satu kali gempa tektonik jauh.

“Pengamatan visual, Gunung Semeru terlihat jelas, teramati asap kawah putih dengan intensitas tipis hingga sedang yang tingginya mencapai 500 meter dari puncak, kemudian angin lemah ke arah barat daya,” katanya.

Baca Juga: Tulus Berhasil Menjadi Musisi Paling Didengarkan di Spotify Indonesia Tahun 2022

Meletusnya Gunung Semeru, membuat sekitar 2.000 warga mengungsi sejak Minggu (04/12/2022). Hal tersebut dikarenakan abu vulkanik Semeru membumbung tinggi berwarna abu dan hitam pekat hingga mengeluarkan awan panas.

 

Peenulis: Rifqi Fadhillah