Disdukcapil Sediakan GoSend untuk Pengambilan e-KTP Jakarta

31
0

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta bekerjasama dengan Gojek untuk memudahkan dalam pengambilan ambil e-KTP Jakarta. Nantinya, pengambilan e-KTP Jakarta tidak perlu datang dan tinggal pakai GoSend.

Bagi Anda yang tidak sempat untuk bisa datang untuk mengambil dokumen e-KTP, kini  Disdukcapil DKI menyediakan layanan GoSend yang akan muncul di aplikasi ALPUKAT (Akses Langsung Pelayanan DokUmen Kependudukan CepAt dan AkuraT ).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin mengatakan bahwa dengan adanya layanan GoSend dapat memudahkan masyarakat dalam menguruh dokumen.Dokumen pun tinggal diantar oleh GoSen ke rumah Anda.

“Adanya layanan ini memanjakan masyarakat (karena) tidak perlu lagi datang ke loket pelayanan kita. Mereka cukup mengambilnya dengan GoSend,” tuturnya dalam jumpa pers virtual, Kamis (12/5).

Dalam aplikasi ALPUKAT sendiri masyarakat dapat mengajukan permohonan, penjadwalan dan memonitor permintaan mereka. Kanal layanan bagi penduduk DKI Jakarta ini tersedia beberapa layanan antara lain pencetakan KTP elektronik, akta kelahiran, akta kematian, pencetakan KIA, dan permohonan pindah.

Masyarakat pun tidak perlu khawatir soal keamanan dalam sistem pengiriman melalui GoSend ini. Teuku Mufizar, Head of Regional Strategy PPGR GoJek mengatakan para pengguna GoSend akan dilengkapi dengan fitur live tracking serta juga pelacakan driver.

“Kalau tidak bisa dihubungi, langsung lapor. Nanti kita akan proses seusai dengan prosedur yang ada di kita,” katanya.

Disdukcapil mengatakan ada tiga prosedur agar dokumen yang dikirm tetap aman.

“Pertama, nomor registrasi driver akan tercatat dalam sistem dukcapil untuk diawasi. Kedua, dokumen dikirim menggunakan amplop bersegel. Ketiga, petugas disdukcapil akan mencocokkan nomor dokumen dan nomor pengiriman untuk validasi,” katanya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah