Deretan Olahraga Asal Indonesia Yang Mendunia

45
0
Olahraga Asal Indonesia yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman suku dan budaya. Tidak hanya itu, terdapat olahraga asli Indonesia yang sudah mendunia, bahkan telah diperlombakan pada kancah Internasional seperti Asian Games. Cabang olahraga apa saja? Berikut daftarnya!

Pencak Silat

Olahraga Asal Indonesia yang Mendunia 1

Cabang olahraga pertama adalah pencak silat yang kini bukan sekedar warisan budaya saja, lebih dari itu olahraga tersebut sudah diakui dunia dan dipertandingan pada kancah internasional. Pertama kali masuk kompetisi dunia sekitar tahun 2000-an. Selain itu olahraga yang memiliki gerakan indah ini juga ada pada film besar Hollywood seperti John Wick 3 yang diperankan oleh aktor Indonesia, Yayan Ruhian dan Cecep Arief Rahman.

Pacu Jalur

Olahraga Asal Indonesia yang Mendunia

Sebelum dijadikan sebagai cabang olahraga, pacu jalur merupakan budaya yang digunakan untuk memudahkan akses berpergian di jalur maritim di daerah Riau. Pada tahun 2018, pacu jalur dijadikan cabang olahraga di Asian Games dengan menggunakan 40-50 orang dalam satu timnya.

Sepak Takraw

Olahraga Asal Indonesia yang Mendunia

Sepak bola memang berasal dari Inggris, namun tahukah Anda bahwa nenek moyang kita menemukan olahraga yang berhubungan dengan kaki? Olahraga itu adalah sepak takraw yang muncul di Indonesia pada abad ke-15 oleh Kesultanan Melayu, Sulawesi Selatan. Meski tak sepopuler olahraga sepak bola, namun sepak takraw mempunyai daya tarik tersendiri ketika menonton atau memainkannya.

Baca Juga : Duh, Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara

Tarung Derajat

Olahraga Asal Indonesia yang Mendunia

Selain pencak silat, Indonesia juga mempunyai seni bela diri lain yang diakui dunia, yaitu tarung derajat. Olahraga ini muncul di Indonesia pada tahun 1960 dan secara resmi jadi cabang olahraga odi tahun 1998. Banyak orang luar negeri yang mempelajari tarung derajat karena dijadikan sebagai seni bela diri yang diterapkan oleh TNI. Tarung Derajat juga telah dipertandingkan di Asian Games 2018.

Sumber