Cara Jitu Agar Anda Produktif Saat Rapat Kerja

18

Ingin menjadi semakin produktif di tempat kerja? Salah satu kuncinya adalah dengan mengeluarkan pendapat, merancang strategi, dan mengevaluasi pekerjaan saat rapat. Apakah Anda tipe pendiam yang hanya mencatat hasil rapat, atau Anda selalu hadir dengan ide-ide baru yang siap dilontarkan?

Berikut adalah tips dari Cosmo agar Anda semakin produktif saat rapat dan meningkatkan performa kerja.

1. Selalu up-to-date dengan informasi terbaru

Bila tema atau tujuan rapat sudah dikabarkan sebelumnya, lakukan riset dan siapkan beberapa pertanyaan yang ingin Anda ajukan. Saat rapat, jangan datang dengan tangan kosong – bawalah buku catatan atau work journal karena Anda perlu mencatat poin-poin penting yang didapat sepanjang meeting.

Ingat, jangan menganggap bahwa Anda bisa menghafal semua topik yang dibahas! It’s always better to write it down. Malu kan, jika Anda menghadiri rapat tanpa persiapan dan diam saja saat mendadak diminta opini?

2. Hindari penggunaan gadget

Ingat, jangan membuka laptop, bermain smartphone, apalagi scrolling Instagram feed saat rapat sedang berlangsung! Selain mengalihkan perhatian dari topik pembahasan, perilaku ini juga mengindikasikan bahwa Anda tidak menghargai waktu sang pembicara.

Berdasarkan sebuah survei oleh Marshall School of Business, 75% dari 500 profesional menganggap bermain smartphone di tengah rapat sebagai perilaku yang tidak sopan, sedangkan 86% berpikir bahwa mengangkat telpon di tengah rapat merupakan hal yang tidak pantas dilakukan.

So, hindari pemakaian gadget kecuali jika diperlukan untuk kepentingan meeting.

3. Tunjukkan perhatian

Kehilangan konsentrasi di tengah rapat memang normal – semua orang pernah mengalaminya! Cara terbaik untuk menunjukkan perhatian adalah dengan melakukan kontak mata dengan sang pembicara setiap dua menit. Anggukkan kepala untuk menunjukkan bahwa Anda sedang menyimak, duduk dengan tegak, dan jangan melipat tangan di depan dada.

4. Ajukan pertanyaan yang benar di waktu yang tepat

Aktif saat rapat memang baik, namun jangan melontarkan terlalu banyak pertanyaan yang tidak penting! Anda boleh melontarkan pertanyaan yang berhubungan dengan topik rapat saat orang lain sudah selesai berbicara, namun tahan dulu pertanyaan Anda yang tidak memiliki hubungan dengan meeting tersebut.

Di akhir rapat, Anda bisa mengatakan: “Saya tahu topik mengenai X tidak berhubungan dengan meeting ini, jadi apakah kita bisa membahasnya sekarang atau besok?” Yup… Anda tidak ingin menjadi orang yang memperlambat jam rapat, kan?

(Image: doc. freepik.com)
Sumber Cosmopolitan Indonesia