Ardhito Pramono Rilis Lagu Terbaru “Wijaya Kusuma”

16
0

Musisi Ardhito Pramono akhirnya kembali mengeluarkan karya baru sesuai keluar dari masa rehabilitasinya. Baru-baru ini Ardhito merilis single berjudul “Wijaya Kusuma”.

Single “Wijaya Kusuma” menjadi awal kebangkitan Ardhito setelah masa-masa kelam yang telah dilaluinya beberapa waktu lalu. Diketahui, Ardhito sempat tersandung kasus narkoba yang membuatnya harus menjalani rehabilitasi.

Ardhito mempercayakan Gusti Irwan Wibowo untuk memproduseri lagu “Wijaya Kusuma”. Sementara untuk penulisan lirik lagu, Ardhito mengerjakannya bersama Narpati ‘Oomleo’ Awangga.

“Banyak kecemasan gue akan, ‘Guna gue apa, ya? Gue musisi, main film, penyiar juga. Terus apa?’” kata Ardhito tentang bagian awal lagu Wijaya Kusuma.

“Malah jadi mempertanyakan fungsi diri gue. Gue cerita banyak ke Oomleo, untuk itu akhirnya gue sertakan dalam lirik,” lanjutnya.

Ardhito juga menuangkan segala kecemasannya terhadap seni dan kebudayaan asli Indonesia yang sudah mulai memudar melalui lagu “Wijaya Kusuma”. Musisi berusia 27 tahun itu menilai warga Indonesia lebih melirik ke arah kesenian dari luar.

“Lagu yang ditulis terinspirasi oleh kejadian saat saya menyaksikan sebuah kegiatan transaksional antara orang asing yang ingin menguasai sebuah lahan dengan cara membeli presentase lahan itu 99% dan di sisakan 1% untuk adat di salah satu pulau eksotis di Indonesia.” tulis Ardhito dalam akun Instagramnya.

“Bukannya bangga, saya malah merenung melihat begitu banyaknya seni dan kekayaan budaya asli Indonesia mulai pudar. Bahkan dalam pola pengkaryaan, sering kali kita malah condong melihat ke kesenian luar.” tambahnya.

Berikut ini video klip lagu “Wijaya Kusuma” milik Ardhito Pramono:

 

Penulis: Rifqi Fadhillah