5 Julukan Indonesia Yang Diakui Di Mata Dunia

448
0

Berbagai macam keunikan serta ragam budaya yang dimiliki Indonesia ternyata membuat Tanah Air kerap mendapat julukan dari mata dunia. Kira-kira apa saja julukan yang pernah disematkan negara Indonesia ya, I-Listeners?

Macan Asia

Julukan Indonesia Yang Diakui Di Mata Dunia

Indonesia sempat dijuluki Macan Asia pada era kepemimpinan Presiden Soeharto. Kala itu, Indonesia menjadi negara yang disegani oleh negara lain. Bahkan, negara sekelas Amerika Serikat pun mengakui ketangguhan negara Indonesia diberbagai sektor seperti pembangunan, pertahanan, ekonomi, olahraga dan sebagainya.

Namun begitu, seiring berjalannya waktu julukan ini berubah menjadi Macan Asia yang Sedang Tidur. Hal ini dikarenakan prestasi dari Indonesia yang kian meredup membuat beberapa negara lain mampu menyusul Indonesia dari berbagai sektor.

Negara Seribu Candi

Julukan Indonesia Yang Diakui Di Mata Dunia

Indonesia juga dikenal sebagai Negara Seribu Candi di mata dunia. Hal ini berawal dari terpilihnya Candi Borobudur sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Negara Seribu Pulau

Julukan Indonesia Yang Diakui Di Mata Dunia

Indonesia salah satu negara yang memiliki jumlah pulau terbesar di dunia. Total saat ini wilayah Indonesia terdiri dari 17.508 pulau dengan lima pulau besar utama, yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Hal ini tidak mengherankan Indonesia dijuluki Negara Seribu Pulau oleh mata dunia.

Paru-Paru Dunia

Julukan Indonesia Yang Diakui Di Mata Dunia

Seperti diketahui, pulau Kalimantan memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas. Terhitung, pulau Kalimantan memiliki 40,8 juta hektar hutan hujan tropis.

Julukan Paru-Paru Dunia pun disematkan oleh Amerika Serikat dan Singapura ke pulau Kalimantan sebagai hutan yang harus dilindungi. Selain Kalimantan, hanya ada Hutan Amazon di Amerika Selatan yang dianggap sebagai paru-paru dunia, sehingga bila ditotal bumi hanya memiliki dua paru-paru yang sangat berharga.

Negara Agraris

Julukan Indonesia Yang Diakui Di Mata Dunia

Anda pasti pernah mendengan salah satu lirik lagu yang dinyanyikan oleh Koes Plus yang ada dalam lagu Kolam Susu, “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu bisa jadi tanaman”. Begitulah tanah di Indonesia yang melimpah dan dianugrahi wilayah yang subur untuk ditanami segala jenis tumbuhan.

Baca Juga : Asal Muasal Istilah Kerokan, Hanya Ada Di Indonesia?

Menurut Anda julukan apa yang cocok untuk negara Indonesia?

 

Penulis : Rifqi Fadhillah