5 Cara Sederhana Menghemat Air

164
0
tips menghemat air

Anda mengaku kalau cinta dengan lingkungan sekitar dan mengkuti beberapa kampanye yang menyangkut isu tersebut Contohnya: penggunaan air yang boros dan tak disadari Anda lakukan setiap hari. Hmm… Sudah saatnya Anda concern dengan 5 cara penggunaan air yang hemat. Simak!

Menutup keran saat menggosok gigi

Terkadang kita mengunakan air keran untuk berkumur saat sedang menggosok gigi – ini sudah menjadi kebiasaan lama yang Anda lakukan: tetap membiarkan air keran terus menyala.

Bahkan tak hanya saat menggosok gigi, bahkan saat mencuci muka juga kerap terjadi. Ini adalah tahap pertama untuk Anda – mulailah mengingatkan diri sendiri untuk fokus kepada keran air yang digunakan.

Matikan jika Anda memang sedang melakukan aktivitas lain. Kalau bisa, tuangkan air keran ke dalam gelas, agar Anda lebih mudah berkumur tanpa harus ada air yang mengalir.

Simpan air bekas cuci piring

Ini dia nih kebiasaan kedua yang paling menguras air – sebenarnya Anda bisa melakukan penghematan air saat mencuci piring.

Cukup siapkan wadah yang cukup besar (kalau bisa sebesar ukuran wastafel), lalu setelah selesai mencuci piring, gunakan sisa air tersebut untuk menyiram tanaman atau menjadi pengganti air dalam kloset.

Cek rutin kondisi pipa dan keran air

Sangat, sangat penting Anda lakukan! Pasti ada saja kebocoran yang terjadi di pipa dan keran air. Mungkin Anda menganggapnya remeh, saat air keran terus meneteskan air – selagi tidak mengganggu, Anda enggak bakal memedulikannya. But you got that wrong gurl, mengabaikan hal kecil seperti ini justru memberikan dampak yang sangat besar.

Bilas makanan dalam bak yang berisi air

Daripada menuci buah atau sayur dengan air keran yang menyala, lebih baik Anda siapkan bak kecil, isi dengan air yang secukupnya, lalu bilas buah atau sayur dalam bak tersebut. jauh lebih efisien dan tentunya hemat air!

Mencuci baju dalam jumlah yang banyak

Yes, mungkin sebagian dari Anda lebih memilih menggunakan laundry di luar rumah karena lebih praktis. Tetapi pasti ada kalanya Anda mencuci pakaian di rumah, dan kurang memperhatikan takaran penggunaan airnya.

Well, walau kegiatan sehari-hari menuntut Anda untuk menggunakan pakaian yang berbeda (dalam waktu yang singkat), namun solusi utama agar Anda bisa menggunakan air yang jauh lebih hemat adalah: mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak – bukan berarti memaksakan jumlah pakaian yang over limit sampai membuat mesin cuci jadi tak berfungsi dengan baik.

Maksud Cosmo, jangan sampai mencuci 5 atau 7 pakaian saja dalam satu mesin cuci – meski Anda ingin segera menggunakan pakaian tersebut, tetapi lebih cermat-lah dalam penggunaan mesin cuci. Anda bisa kok memperhitungkan baju mana saja yang ingin segera Anda cuci untuk bisa segera dipakai. Kuncinya: jangan malas!

So, kalau sudah mulai melakukan 5 hal tersebut Anda baru bisa deh ‘berteriak’ sebagai pecinta lingkungan – cause you always do, every single day! (Image: Doc. by freepik)

Sumber artikel dari Cosmopolitan Indonesia

LEAVE A REPLY