3 Cara Beralih dari TV Analog ke Digital

73
0

Warga sekitar Jabodetabek harus bersiap-siap untuk beralih dari TV analog ke TV digital. Mulai diterapkannya siaran TV analog di sekitar Jabodetabek yaitu paling lambat pada 25 Agustus 2022.

Migrasi TV analog ke digital saat ini sudah memasuki jilid dua. Wilayah Jabodetabek pun harus bersiap karena termasuk ke dalam jilid dua dalam migrasi TV analog ke digital.

Berikut ini berbagai cara beralih dari TV analog ke TV digital.

Siaran Simulcast

Warga Jabodetabek dapat mencoba siaran TV digital saat ini dengan Siaran Simulcast. Siaran Simulcast sendiri adalah  siaran TV analog dan siaran TV digital yang disiarkan oleh stasiun televisi secara bersamaan, yang kini telah tersedia di beberapa wilayah pada ASO Tahap 2.

Aplikasi Sinyal TV Digital

Aplikasi Sinyal TV Digital telah tersedia di Play Store dan App Store yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dengan adanya aplikasi Sinyal TV Digital ini dapat mengetahui apakah wilayah Anda sudah ada sinyal digital atau belum.

Pasang Set Top Box

Meski telah beralih ke TV Digital, namun Anda tetap dapat memakai TV analog Anda dengan memasang Set Top Box. Set top box (STB) berfungsi untuk membantu TV analog dapat menerima sinyal digital.

Berikut ini cara pasang set top box TV digital:

  • Pastikan membeli STB yang sudah tersertifikasi Kominfo.
  • Buka kemasan STB, yang biasanya isinya terdapat remote, adaptor, kabel RCA (berwarna merah, kuning, putih), kartu garansi, dan buku panduan.
  • Pindahkan kabel antena yang terpasang di TV ke perangkat STB.
  • Pasangkan juga kabel RCA di TV yang terhubung ke STB. Begitu juga kabel HDMI.
  • Setelah itu, menyalakan TV dan STB.
  • Kemudian masuk ke setting dan pilih HDMI. Kalau TV kalian tidak ada HDMI, maka pilih menu AV.
  • Lalu pilih menu pencarian saluran dan secara otomatis akan mendeteksi siaran TV digital

Baca Juga: Kalahkan Warkop DKI, KKN di Desa Penari Jadi Film Terlaris Indonesia

Selamat mencoba, I-Listeners!

 

Penulis: Rifqi Fadhillah