Danau Kakaban di Derawan terkenal dengan ubur-ubur langkanya yang tak menyengat. Traveler yang mau berenang dengan mereka harus tahu tipsnya.

Snorkeling di Danau Kakaban yang penuh dengan ubur-ubur sudah jadi kegiatan populer yang wajib untuk dilakukan jika berkunjung ke Derawan. Ubur-ubur ini sangat langka dan tak menyengat tapi juga sangat lemah.

Kalau I-Listeners ingin mencoba berenang bersama ubur-ubur, coba ikuti tips ini!

1. Gunakan pelampung

Traveler yang tidak bisa berenang atau bisa tapi sedikit-sedikit diwajibkan untuk memakai pelampung. Karena danau ubur-ubur ini mempunyai kedalaman minimal 5 meter.

Sehingga akan sangat berbahaya jika traveler snorkeling tanpa ada pelampung. Bukan cuma dalam, danau ini juga punya arus yang cukup kuat, kalau lelah dan tidak kuat traveler bisa terseret terbawa arus.

2. Jangan gunakan fins

Penggunaan fins atau kaki katak adalah hal yang dilarang di Danau Kakaban. Kenapa? Karena gerakan dari fins akan melukai badan ubur-ubur.

3. Jangan angkat ubur-ubur

Ini jadi hal yang harus diperhatikan ya traveler. Ketika ingin berfoto sebaiknya kita yang masuk ke dalam air, bukannya mengangkat ubur-ubur keluar dari danau.

Ini akan mengakibatkan kematian pada ubur-ubur langka. Jadi jangan lakukan hal itu ya.

4. Berenang dengan lambat

Traveler yang jago berenang atau pun yang tidak harus mencatat hal ini baik-baik. Danau Kakaban dipenuhi dengan ubur-ubur langka yang tak menyengat.

Berenang di antara mereka dengan cepat hanya akan membuat ubur-ubur tertabrak dan bisa jadi terluka. Kemudia mereka akan menjauh.

Berbeda halnya dengan traveler yang berenang dengan lambat. Ubur-ubur akan berenang di sekitar traveler bahkan menabrakan badannya yang kenyal itu. Gemas deh!

5. Jangan melompat

Nah, ini dia yang sering sekali dilakukan oleh pengunjung. Melompat ke dalam danau adalah hal yang harus dihindari.

Selain bisa melukai dan membunuh ubur-ubur, hal ini juga akan mengganggu ekosistem danau. Jadi hati-hati ya.

6. Jangan tertelan

Beberapa ubur-ubur berukuran kecil karena masih muda atau spesiesnya kecil. Hati-hati ketika membuka mulut di dalam air, jangan sampai mereka tertelan.

Lebih baik, tutup mulut kita dengan alat snorkel. Berenang dengan ubur-ubur pun jadi lebih nyaman.

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

[teks Gabriella Sakareza / sumber detik.com | foto indonesiana.co.id]

Baca juga:
Isyana Sarasvati turut meramaikan konser tunggal Rossa
Karina Salim jadi pendatang baru di Indonesia 40
Zalora tampilkan koleksi hari raya dalam Digital Fashion Runway

SHARE