Apa saja ya tujuan wisata yang menarik di Blitar? Dalam IRadio Keliling kali ini, I-Listeners diajak keliling ke kota kelahiran Bung Karno, Blitar, Jawa Timur bersama salah seorang traveler bernama Sasha!

Blitar yang berada 80km dari Malang, Jawa Timur ini biasanya hanya dikenal dengan makam dari Presiden pertama kita, Bung Karno. Tapi, nggak hanya itu, I-Listeners. Ternyata masih banyak banget destinasi-destinasi wisata sejarah yang seru banget!

Blitar sendiri memiliki kepanjangan “Bhumi Laya Ika Tantra Adi Raja”, yang artinya bumi tempat pusara raja-raja agung. Konon katanya juga terdapat makam dari pendiri singasari dan majapahit, Ken Arok.

Kecintaan Bung Karno dengan kota Bali itu dikarenakan dulu ada suatu desa yang bernama Balitar. Pemandangannya pun nggak beda jauh dengan Bali.

“Iya aku juga sempat kaget ya pas sampai sana. Pemandangannya itu sawah-sawahan, kaya lagi di Ubud. Tapi sekarang sudah jadi Blitar namanya, bukan Balitar lagi.”

Di Blitar, I-Listeners sudah pasti wajib untuk mengunjungi Istana Gebang. Rumah tempat Bung Karno di besarkan. Untuk masuknya pun gratis.

Rambut Monte juga sepertinya wajib jadi tujuan utama I-Listeners jika ingin berkunjung ke Blitar. Rambut Monte ini seperti danau, memiliki air dan pasir yang berwarna biru seperti Tampak Siring di Bali.

Di Rambut Monte pun masih ada upacara hindu lho. Di Rambut Monte ini ada ikan yang konon katanya merupakan jelmaan dari bala tentara di zaman Majapahit.

“Jadi ada namanya Ikan Dewa di sini. Katanya jelmaan bala tentaranya Majapahit ya. Terus kata guide-ku, ikan ini tuh nggak mau makan makanan ikan. Maunya makan makanan manusia kaya nasi, tahu, tempe.”

Sayangnya, di Blitar seperti kekurangan tour guide yang bisa menceritakan tentang sejarah dari suatu tempat. Masih banyak yang kurang mendalami tentang sejarah tempat itu sendiri. Mungkin karena pendatang lebih fokus untuk berkunjung ke makam Bung Karno aja kali ya, I-Listeners.

Buat I-Listeners yang mau jalan-jalan ke Blitar, Sasha menyarankan Anda untuk menginap di Hotel Tugu, salah satu hotel yang paling bagus di Blitar.

Karena Blitar kekurangan untuk angkutan umum, lebih baik I-Listeners sewa mobil saja agar lebih mudah mobilitasnya.

“Untuk ke Blitar sendiri kan berarti kita mendarat di bandara Malang ya. Bisa ambil tur dari bandara angsung ke blitar. 80km tuh ya paling 2 jam-an lah. Untuk sewa mobil juga standart sih, 350 ribu – 550 ribuan udah sama supir.”

[teks Adhi Satria | foto marketeers.com]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Tom Cruise jadi pilot handal dalam film American Made!
Berparas menarik, 5 atlet Indonesia ini jadi perbincangan hangat!
Aksi sang bayi super “Rafathar”