Ujicoba Underpass Matraman Sebabkan Macet Panjang

14

Jakarta (10/04) Uji coba underpass Matraman yang berjalan dengan pemberlakukan rekayasa lalu lintas justru mengundang kemacetan panjang di simpang Tambak dan Megaria hingga simpang Matraman, Selasa (10/4).

Kondisi ini mengundang kekesalan warga yang terjebak macet. Banyak penumpang transjakarta terpaksa turun dari bus karena terjebak kemacetan selama lebih dari satu jam. Bahkan, sejumlah pengendara terlihat membuka kaca mobil, lalu marah-marah kepada para petugas.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Andri Yansyah yang datang meninjau ke lokasi turut berkomentar.

Enggak apa-apa dimaki-maki, namanya uji coba, nanti akan kami evaluasi kembali,” ucapnya kepada wartawan di simpang Tambak, Selasa (10/4).

Andri menjelaskan, untuk mencegah crossing kendaraan dari simpang Tambak, Dishub akan menutup persimpangan tersebut bagi kendaraan dari Manggarai menuju Pramuka. Dengan begitu, semua kendaraan dari Manggarai akan dialihkan melalui Jalan Proklamasi-Penataran dan berputar di Megaria.

Pertama kami geser pembatas jalannya (Jalan Proklamasi-Tambak). Ini lebarnya (jalan) hanya 6 meter, itu kan cukup dua mobil supaya (Jalan Tambak-Proklamasi) bisa tiga mobil,” katanya.

Sementara evalusi selanjutnya mengenai kerapatan barier (pembatas) pada Jalan Tambak. Barrier akan dirapatkan untuk mencegah roda dua berputar balik di celahnya.

[teks timnewsroom/kompas.com | foto kumparan]