I-Listeners, siapa sih yang nggak kenal Tom Cruise? Pemain utama dalam film seri Mission Impossible ini kembali menjajal film layar lebarnya dalam film American Made! Film ini diangkat dari kisah nyata yang gokil banget.

Cruise akan berperan sebagai Barry Seal, seorang pilot hebat yang memiliki berbagai prestasi. Ia merupakan seorang pilot penerbangan maskapai TWA yang juga dinobatkan sebagai jawara di kelas patroli udara sipil!

Jam terbangnya yang sudah teramat tinggi, membuat dirinya sangat lihai untuk ‘bermain-main’ di udara. Sampai akhirnya, diketahui Barry menyelundupkan cerutu dari Kuba dan ketahuan sama seorang agen dari CIA, Monty Schafer (Domnhall Gleeson).

Tawaran untuk mengirimkan senjata ke daerah peperangan di Amerika Tengah oleh Schafer pun nggak bisa ditolak. Akhirnya, Barry keluar dari maskapai penerbangannya, dan sekarang bekerja untuk CIA! Tapi, dia belum berani untuk mengakui ke istrinya, Lucy (Sarah Wright Olsen). Ia masih menggunakan seragam maskapai penerbangannya selama pulang ke rumah.

Sampai akhirnya, kepiawaiannya untuk terbang dari Amerika Serikat ke Amerika Tengah terendus oleh kartel narkoba yang mulai kesusahan untuk mengirimkan barang, Pablo Escobar cs!

Mendesaknya kebutuhan ekonomi, membuat Barry semakin nggak bisa untuk menolak tawaran dari Pablo Escobar (Maurico Mejia) untuk menjadi seorang kurir narkoba!

dok. Universal Pictures

‘Paket’ pertamanya pun berhasil sampai di Amerika Serikat, namun sayangnya, nasib buruk menghampiri Barry. Saat sedang mengambil upahnya, ia harus rela untuk ditangkap polisi!

Untungnya, Schafer membantunya untuk keluar dari penjara dan menyarankan Barry untuk segera pindah dari rumahnya ke sebuah kota yang masih sepi di Mena, Arkansas.

dok. Universal Pictures

Tidak berhenti di situ, Barry terus melanjutkan pengiriman senjata dan juga narkoba yang membuat dirinya semakin kaya. Rumah barunya semakin mewah, sampai-sampai Barry sendiri nggak punya tempat untuk menyimpan uangnya yang terlalu banyak itu.

Asetnya yang dimana-mana, mulai membuat aparat hukum curiga dengan Barry Seal. Ia sendiri yang mengetahui hal tersebut, mencoba untuk membawa kabur semua harta-hartanya.

Namun, nasib buruk kembali menghampirinya. Ia ditangkap oleh Kepolisian Mena, FBI, juga DEA!

dok. Universal Pictures

Barry yang harusnya menjalankan sisa hidupnya di balik jeruji besi, kembali terselamatkan. Kali ini ia diselamatkan secara terhormat. Tidak tanggung-tanggung, dari pihak Gedung Putih Amerika Serikat rela untuk membebaskan Barry dari jeratan hukum. Ia pun mendapatkan tugas yang semakin berat.

American Made sendiri menawarkan warna yang kontras serta riang, seperti mengajak kita merasakan kehidupan di tahun 1980-an. Sinematografinya pun dibuat agak kuno yang semakin mendukung kita seperti hidup di era tersebut.

Penasaran dengan perjalanan seru dari Tom Cruise dalam film ini? Tenang I-Listeners, mulai 25 Agustus 2017, film ini sudah mulai tayang di bioskop-bioskop kesayangan kalian!

[teks Adhi Satria | foto dok. Universal Pictures]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
10 tahun berkarier, Rinni Wulandari siapkan kejutan!
Andien akan meramaikan Fashion Rocks 2017!
Lelah di kantor? Atasi dengan 5 trik ini