Kebanyakan dari Anda sudah tahu hal-hal mendasar sebelum menghadapi wawancara kerja: meneliti soal perusahaan di Google, berpakaian sebaik mungkin, dan sebagainya. Namun ada beberapa hal kecil yang juga bisa Anda lakukan untuk menambah rasa percaya diri. Ini tipsnya.

Dengarkan musik

Tuomas Eerola, profesor di Durham University mengatakan bahwa penelitian yang ia lakukan terhadap para mahasiswanya membuktikan bahwa musik bisa memperbaiki mood seseorang serta menghilangkan rasa khawatir berlebih. Dengarkan lagu upbeat yang bisa membuat Anda merasa lebih berenergi.

Gunakan barang-barang keberuntungan Anda

Jangan lupa untuk memakai sepatu, tas, atau mungkin cincin keberuntungan Anda. Menggunakan benda yang Anda anggap membawa keberuntungan akan membuat Anda lebih percaya diri. Oh ya, pastikan juga semua benda yang Anda pakai bersih dan layak dipakai untuk sebuah wawancara.

Minum kopi atau teh

Atau apapun yang membuat Anda bisa merasa lebih baik. Jika Anda merasa strawberry smoothies akan membuat Anda lebih percaya diri, silahkan! Bangun lebih pagi dan luangkan waktu untuk menghabiskan segelas kopi sebelum berangkat wawancara.

Latihan improvisasi

Buat seakan-akan Anda yang mewawancarai orang lain, lalu siapkan pertanyaan yang sekiranya ingin Anda ajukan jika Anda seorang HRD. Setelah itu ucapkan jawaban Anda secepat mungkin. Hal ini akan melatih otak untuk berpikir kreatif dengan cepat.

Gerakkan badan

Menari dengan lagu favorit ketika sedang mandi atau bahkan berjalan kaki selama sepuluh menit pun bisa memberikan efek positif. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Anxiety and Depression Association of America, menggerakkan badan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa menghilangkan rasa tegang, membuat mood menjadi lebih baik, menghilangkan stres dan rasa khawatir, serta memperbaiki rasa percaya diri.

Bawa portofolio

Walaupun mungkin tidak tertera pada email, bawa contoh pekerjaan Anda saat wawancara, terutama jika Anda mengincar pekerjaan seperti web designer atau content writer. Membawa contoh portofolio yang baik akan membuat Anda bisa mempromosikan diri lebih ketika wawancara.

[sumber Cosmopolitan Indonesia | foto magazine.job-like.com]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Payung Teduh akan mengeluarkan album baru
Hadir kembali, The Extralarge rilis single baru “Sayangnya”
Kolaborasi unik Andien X Scaller