IRadio Keliling kali ini kedatangan Ejie Belula yang akan mengajarkan I-Listeners bagaimana cara traveling on budget!

Ejie Belula sendiri merupakan anggota dari komunitas Hitchhiker Indonesia, yaitu sebuah komunitas yang menggunakan konsep numpang saat pergi traveling, dengan tujuan untuk mengurangi pengeluaran selama perjalanan.

Traveling dengan nebeng bukan berarti tidak bermodal, justru perjuangan untuk dapat tebengan itu modal yang luar biasa,” ungkap Ejie.

Menurut Ejie sendiri, hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita sedang melakukan traveling dengan metode hitchhike adalah:

1. Bagi perempuan, Anda harus ekstra hati-hati. Lebih baik apabila didampingi teman pria untuk keselamatan sendiri

Kalau untuk wanita, saya sarankan traveling dengan pendamping. Karena kita benar-benar nebeng dengan orang yang belum dikenal.

2. Kita harus mengetahui rute perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan harus cari rute dulu, jangan langsung tembak ke tujuan akhir.

3. Prepare fisik dan mental

Dua hari sebelum perjalanan, kita harus istirahat dengan baik dan persiapkan mental. Karena tidak semudah itu untuk berdiri di jalanan memaparkan tulisan menumpang.

Bagi Ejie, dengan melakukan metode hitchhike itu bukan berarti kita benar-benar melakukan traveling 0 rupiah. Hal-hal di luar transportasi, seperti penginapan dan makan, adalah tanggungan sendiri.

Selain transport, semuanya kita tanggung sendiri. Merupakan sebuah bonus dan rezeki kalau kita bisa dapetin itu juga,” tegas Ejie.

Ejie menceritakan pengalaman serunya ketika sedang mengikuti acara Backpacking Race yang dilakukannya dengan rute Jakarta-Yogyakarta. Event tersebut berlangsung sekitar dua minggu.

Dan yang berkesan bagi Ejie adalah selesai acara tersebut, lima hari kemudian Ejie melanjutkan perjalanannya hitchhiker-nya seorang diri lho, I-Listeners!

Memang melakukan metode hitchhike banyak tantangannya ya, I-Listeners. Tapi jangan khawatir! Di komunitas Hitchhiker Indonesia ini, mereka memiliki tim pantau, yang tugasnya adalah untuk merekam jejak perjalanan para hitchhiker yang sedang melakukan perjalanan.

Nah, tugas hitchhiker sendiri adalah dengan mengumpulkan informasi seputar si pengemudi yang akan mereka tumpangi, seperti foto plat nomor mobil, foto pengemudi serta informasi mengenai si pengemudi, dan terakhir adalah nomor telepon si pengemudi.

Wah, memang terdengar mudah ya, I-Listeners! Tapi harus tetap dalam pengawasan yang aman, lho! Ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kalau I-Listeners penasaran dengan kegiatan hitchhiker ini, Anda bisa cek di sosial media @hitchhiker_id.

[Teks Ghesilia Gianty, I-Listeners dari Universitas Multimedia Nusantara | Foto twitter @hitchhiker_id]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Sumbangkan ide kreatif Anda di Ideafest 2017!
Madagaskar sebagai destinasi kuliner keluarga
Film-film baru untuk mengawali September Anda!