Siapa tak suka masakan Padang? Banyak orang yang pasti tak bisa menolak tawaran kelezatan masakan khas Indonesia ini. Bayangkan kelezatan rendang, gulai tunjang, gulai kepala ikan, dan masih banyak menu lain yang disiram dengan kuah santan kental dan sambal hijau.

Kelezatan masakan Padang tak bisa dilepaskan dengan penggunaan santan kental yang digunakan untuk mengolah daging, jeroan, dan jenis daging lainnya. Selain itu, jarang masakan Padang yang langsung dimasak karena kebanyakan berupa menu matang yang sudah dimasak sehari atau dua hari yang lalu. Katanya, semakin lama dipanaskan, menu masakan Padang justru makin lazis alias enak.

Sayangnya, baik dari bahannya maupun cara mengolahnya, menu masakan Padang berpotensi menaikkan berat badan Anda. Santan kaya akan lemak, apalagi jeroan dan daging berlemak yang legit di dalamnya. Sebagai gambaran, satu porsi nasi padang plus lauk bisa lebih dari 800 kalori.

Selain itu, pemanasan yang terlalu lama juga berefek mengurangi kandungan nutrisi dalam makanan.

Agar tetap sehat dan dapat menjaga berat badan, meski Anda seorang penyuka makanan Padang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. dr.Grace Judio-Kahl, M.Sc, MH, Cht, spesialis penurunan berat badan dari klinik Lighthouse Indonesia, memberikan beberapa cara sederhananya.

1. Pintar pilih lauk

Jika ingin mengurangi asupan kalori, pilih ayam panggang dan bukan daging atau lauk yang digoreng.

2. Kurangi siraman kuahnya

Kurangi bumbu dan kuah yang bersantan. Jika sambal ditumis, kandungan minyaknya juga akan mempertinggi kalori yang masuk. Sebagai patokan, 1 sendok teh minyak sama dengan 50 Kalori.

3. Jangan lupakan sayurannya

Biasanya, menu masakan Padang disajikan bersama dengan daun ketela pohon atau mentimun. Fungsi sayuran itu bukan semata untuk menambah kenikmatan, tapi juga untuk memberi asupan serat dan mengantisipasi panas dalam setelah mengonsumsi makanan berminyak.

4. Kompensasikan kandungan kalorinya

Makan dengan nasi padang sama dengan menghabiskan jatah 2 kali makan. Jadi, jika sudah mengonsumsi seporsi nasi padang siang ini, hindari mengonsumsi makanan berkalori tinggi setelahnya. Sebagai gantinya, pilih makanan kaya serat yang rendah kalori tapi mengenyangkan, seperti sayur brokoli, bayam, sawi, wortel, apel, dan buah pir.

[sumber Fitness For Men Indonesia | foto balipocket.net]

Baca juga:
Rekomendasi coffee shop yang harus Anda coba!
Afgan kembali ramaikan Indonesia 40 dengan “X”
Rinaldy A. Yunardi raih penghargaan internasional