Lebaran hampir tiba! Jika Anda memutuskan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman dan melakukan perjalanan saat puasa, ikuti tips nyaman mudik selama puasa berikut.

Melakukan perjalanan pada malam hari

Jika ingin tetap segar selama perjalanan, memulai perjalanan mudik pada malam hari adalah hal yang tepat. Selain tidak terkena sinar matahari yang membuat Anda cepat kekurangan cairan saat berpuasa, stamina Anda masih maksimal mudah untuk makan dan minum di perjalanan.

Mencari tahu lokasi beristiarahat

Sebelum mudik, Anda wajib mengetahui lokasi-lokasi untuk beristirahat. Melalui informasi ini, Anda dapat memperkirakan tempat untuk istirahat sahur dan berbuka puasa.

Persediaan makananan yang cukup

Rasa kantuk saat perjalanan mudik bisa diakali dengan mengonsumsi makanan ringan. Siapkanlah makanan yang cukup untuk Anda santap saat sahur, berbuka puasa, dan malam hari jika tidak sempat menemukan tempat makan.

Beristirahat sejenak setelah shalat

Saat waktu shalat tiba, carilah tempat shalat yang memungkinkan Anda dapat mengistirahatkan otot-otot yang kaku karena terlalu lama duduk. Air wudhu yang membasuh muka sebelum shalat juga dapat menyegarkan Anda.

Memanfaatkan posko mudik

Biasanya, sebelum dan setelah lebaran para pemudik akan menemukan posko mudik yang disediakan sepanjang jalur pulang kampung. Berbagai fasilitas yang disediakan juga dapat memenuhi kebutuhan Anda mulai dari cek kendaraan, menyediakan ta’jil dan minuman, hiburan, hingga kursi pijat. Manfaatkan layanaan ini untuk menyegarkan kembali tubuh Anda.

Source: Her World Indonesia

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

Baca juga:
Cuplikan film “Jailangkung” telah rilis
Ngobrol bareng pemain film ‘Critical Eleven’
Jadwal padat, Afgan berlibur ke Turki

 

SHARE