Tips mengalokasikan dana THR

55

Tidak terasa sebentar lagi sudah mau lebaran. Yang sudah pasti identik sama lebaran, apalagi kalau bukan THR, alias Tunjangan Hari Raya!

Dalam PerMenNaKer No 6 Tahun 2016, disebutkan bahwa THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan. Tapi, ada juga lho perusahaan yang sudah mulai membagikan THR-nya 2 minggu sebelum lebaran, bahkan sebulan sebelum Hari Raya.

Pastinya, setelah THR cair, kita bakal punya dana kurang lebih dua kali lipat dibandingkan biasanya. Apalagi diskon-diskon menjelang Hari Raya yang bikin gemes untuk dibeli, walaupun itu bukan sesuatu yang kita perlukan.

Hal ini biasanya disebut impulsive buying. Yang akhirnya, tiba-tiba kita sendiri bingung THR-nya hilang kemana.

Kita ada beberapa tips agar THR kita habis tapi bisa dialokasikan sesuai dengan kebutuhan. Yuk simak!

  1. Naiknya harga kebutuhan pokok

Di bulan puasa seperti sekarang ini, biasanya kebutuhan kita juga akan meningkat. Biasanya harga kebutuhan pokok pun akan meningkat, berdasarkan demand yang juga kian tinggi. Jadi, jangan lupa buat sisihin sebagian uang THR kalian untuk menambahkan uang belanja ya!

  1. Zakat

Bagi yang beragama Islam, jangan lupa untuk sisihkan sedikit penghasilan kita untuk membayar Zakat ya! Karena Zakat wajib hukumnya.

  1. Jangan lupa bayar utang!

Kartu kredit. Enak untungnya, nggak enak ditagihnya. Mumpung kita punya dana lebih, ada baiknya untuk melunasi kartu kredit kita. Tahu sendiri kan bunga kartu kredit yang cukup besar?

  1. Mudik Lebaran

Pulang ke kampung halaman, melupakan semua pekerjaan dan hiruk pikuk kota di tempat biasa kita bekerja, adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Terkadang kita sampai nggak sadar, banyak pengeluaran-pengeluaran yang diluar perhitungan kita lho! Hitung dan siasati dengan cermat ya, I-Listeners!

  1. Masih lebih juga THR-nya

Serius? Masih lebih dana THR-nya? Kalian bisa memenuhi wishlist selama setahun kalian bekerja. Manjakan diri kalian di momen ini. Tapi, itu semua tergantung kalian. Karena, bisa saja dialokasikan untuk tabungan masa tua nanti, untuk mengurangi beban tabungan bulanan kita. Atau mungkin bisa untuk menambahkan dana darurat kita.

Itu dia 5 tips dari kita untuk menghabiskan dana THR. Semoga bermanfaat ya, I-Listeners!

[teks Adhi Satria / sumber detik.com | foto kintakun-collection.co.id]

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

Baca juga:
Keistimewaan bulan suci Ramadhan
Vidi Aldiano sambut Ramadhan dengan aksi membanggakan
Kafe yang pas untuk kerja dan nongkrong di Surabaya