Saat Anda sedang mengalami kesulitan untuk memfokuskan diri, musik ternyata bisa membantu, lho. Ini dia tipe musik yang efektif meningkatkan produktivitas kerja.

1. Lagu yang memasukkan suara alam
Riset dari Rensselaer Polytechnic Institute membuktikan bahwa elemen alam seperti suara air atau hujan dapat memperbaiki mood dan meningkatkan fokus. Suara alam juga dapat mengalihkan perhatian dari suara-suara sekitar yang mengganggu.

Ini contohnya:

2. Lagu yang menurut Anda “biasa saja”
Mungkin Anda pernah mencoba menikmati lagu favorit saat bekerja, kemudian sadar bahwa lagu tersebut malah menyita perhatian Anda dari pekerjaan? Ya, menurut studi dari Fu Jen University, kegemaran Anda terhadap musik tersebut juga bisa menurunkan konsentrasi. Pilih tipe musik yang tidak akan membuat Anda sing along, alias “biasa saja”.

3. Lagu tanpa kata-kata
Bahkan, hal sederhana seperti lirik lagu dapat menjadi gangguan. Menurut penelitian dari Cambridge, suara orang berbicara dapat mengalihkan konsentrasi pekerja, baik itu suara percakapan ataupun lirik lagu.

 

4. Lagu dengan tempo tertentu
Sebuah studi dari BMS College of Engineering menunjukkan bahwa musik yang memainkan 60 ketukan per menit (larghetto) dapat menurunkan stres dan merelaksasikan tubuh karena tempo-nya yang cukup pelan namun stabil.

Try this!

5. Lagu yang dimainkan dalam volume sedang
Para peneliti dari University of Illinois, British Columbia dan Virginia membuktikan bahwa tingkat suara yang medium ternyata pas untuk berpikir dan berinovasi, sedangkan tingkat suara yang terlalu tinggi menurunkan kemampuan otak untuk mengolah informasi.

Give it a try! (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstcok / Jacob Lund / Clickphotos)

Source: Cosmopolitan Indonesia

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

Baca juga:
Chelsea Islan mengajak masyarakat Indonesia olahraga bersama
Kolaborasi para musisi dalam Soundrenaline 2017
Andien siap curhat di album terbaru!

SHARE