Dalam Indahnya Islam bersama Indra Prasta, Angga Nggok dan Ustadz Zahruddin Sultoni, membahas mengenai i’tikaf.

I’tikaf sendiri dalam bahasa Indonesia artinya adalah diam. Seseorang berdiam diri menghabiskan waktu di masjid. Namun, ketentuan i’tikaf dalam Islam adalah seseorang melakukan berbagai macam ibadah di masjid.

Seringkali, sembari menunggu waktu shalat, setelah i’tikaf lalu seseorang tidur, baik tidur dalam keadaan duduk ataupun selonjor. Kalau tidur, apakah masih terhitung i’tikaf?

Ustadz Zahruddin Sultoni menegaskan bahwa tidur dalam keadaan selonjor tidak termasuk i’tikaf. Dikarenakan apabila sudah berganti posisi tubuh untuk tidur, berarti ia sudah berniat untuk tidur. Maka selesailah i’tikafnya.

Namun, apabila seseorang sedang berdzikir atau membaca Al Quran dalam posisi duduk bersila, lalu tertidur dengan posisi yang sama, maka ia masih dalam kondisi i’tikaf.

Karena tidurnya dalam kondisi tidak sengaja dan terbawa saat sedang beribadah.

I’tikaf sendiri tidak menentukan harus berapa lama beribadahnya. Misal, seseorang hanya menjalankan shalat dua rakaat, lalu kemudian pulang, itupun termasuk i’tikaf. Sama halnya apabila setelah shalat dzuhur, lalu beri’tikaf sampai ashar.

Saat memasuki masjid, sangat dianjurkan apabila seseorang melakukan tahiyatul Masjid. Tahiyatul Masjid hukumnya adalah sangat dianjurkan, karena maknanya adalah menghormati masjid.

Jadi sebelum melakukan shalat wajib dan beribadah, lakukan Tahiyatul Masjid terlebih dahulu.

Apa bedanya masjid dan mushola? Mushola biasanya berada dalam suatu gedung tertentu, seperti mall dan kantor, dan tidak sebesar masjid. Dalam mushola pun tidak memiliki aktivitas shalat Jumat.

Lalu, apakah di mushola boleh melakukan shalat Tahiyatul Masjid?

Jawabannya adalah boleh. Meskipun keduanya berbeda, namun keduanya sama-sama tempat tujuan untuk shalat. Maka, di tempat Anda shalat, boleh melakukan penghormatan untuk tempat tersebut dengan shalat Tahiyatul Masjid.

Dengarkan obrolan seputar Islam dalam Indahnya Islam, setiap Senin – Jumat pukul 17.00 di IRadio Jakarta!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Gabriella Sakareza | foto mediamadura.com]

Baca juga:
RAN rilis CD album kelima sekaligus lagu terbaru!
Gantikan Justin Bieber, Rich Chigga nyanyikan lagu Diplo
Ketentuan situasi untuk tidak berpuasa