Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta

55

Ilisteners, Sutradara Hanung Bramantyo kembali lagi menghiasi layar lebar dengan karya terbarunya berjudul Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta. Film yang mulai tayang pada tanggal 23 Agustus lalu itu diangkat dari berbagai literatur tentang kerajaan Islam. Berlatar di tanah jawa 3,5 abad sebelum Indonesia Merdeka.

Film Sultan Agung menceritakan tentang Raden Mas Rangsang (Martino Lio & Ario Bayu) yang menjadi satu-satunya pewaris tahta kesultanan Mataram. Raden Mas Rangsang mendapatkan Gelar Sultan Agung Hanyakrukusuma setlah ayahnya, Panembahan Hanyokrowati, meninggal dunia. Mendapat gelar Sultan di usia muda bukan perkara mudah bagi Raden Mas Rangsang. Pasalnya, Ia harusĀ  menyatukan adipati-adipati di tanah Jawa yang terpecah belah akibat kedatangan VOC yang dipimpin oleh Jan Pieterzoon Coen.

Selain perjuangannya melawan Belanda, film ini juga menceritakan tentangĀ  kisah cinta pemimpin kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara itu. Menjadi Sultan bukan berarti urusan asmara Raden Mas Rangsang berjalan mulus. Lembayung (Putri Marino & Adinia Wirasti), perempuan yang ia cintai tidak bisa ia nikahi karena Sultan Agung wajib menikah dengan keturunan ningrat.

Berdurasi 148 menit, film ini juga banyak memperlihatkan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan sangat kental. Tidak hanya itu, nama-nama besar seperti Christine Hakim, Meriam Belina, Deddy Sutomo, Lukman Sardi, Teuku Rifki Wikana dipadukan dengan set lokasi, properti, artistik, visual dan musik menambah nilai plus dari film garapan Hanung ini.

Berikut ini trailer film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta :

[teks timnewsroom | foto twitter]