Siasat dari Ahli Gizi saat Menyantap Makanan Berlemak di Hari Raya Lebaran

31

Saat hari raya Lebaran tiba, ada satu hal yang sebenarnya Anda ingin tolak tetapi tidak bisa. Memang godaan untuk mengonsumsi banyak makanan bersantan seperti opor ayam, rendang, dan berbagai macam tipe gorengan, sepertinya sulit sekali untuk dihindari.

Padahal terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, kegemukan akibat penimbunan lemak di dalam tubuh, serta berbagai macam penyakit berbahaya lho.

Well, cara termudah untuk menyiasatinya adalah dengan menghindari makanan penuh kolesterol tersebut. Namun jika kondisi dan situasi tidak memungkinkan seperti saat Lebaran, Anda mungkin bingung bagaimana cara menyiasatinya? Well, tenang saja, “Saat Lebaran yang berlangsung selama dua hari, jangan khawatir jika Anda mengonsumsi berbagai makanan, karena tubuh punya kemampuan untuk menetralisir,” jelas dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, seorang Ahli Gizi.

“Tetapi Anda harus ingat bahwa setelah dua hari tersebut, kembalilah ke pola makan yang sehat,” lanjut dr. Samuel Oetoro.

Adapun yang dimaksud dengan pola makan yang sehat itu adalah melakukan diet, berdasarkan asupan gizi yang seimbang dan lengkap.

Dr. Samuel menjelaskan bahwa dalam melakukan diet tersebut, ada 3J yang harus Anda ingat, yakni, jumlah asupan makanan yang tidak boleh berlebih, jadwal makan yang teratur, dan jenis komposisi makanan (karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat) yang masuk ke dalam tubuh.

So, dalam Lebaran nanti melakukan “cheat day” sebenarnya sah-sah saja kok, tapi jangan lupa untuk tetap melakukan pola hidup sehat sesudahnya. (Calvin Hidayat/DI/Image: dok. Google)

Sumber Cosmopolitan Indonesia