Sederet Nama Terkenal akan Membawa Obor Asian Games 2018

90

Kirab obor Asian Games 2018 di Indonesia sudah mendekati tanggal pelaksanaan. Legenda atlet nasional Susy Susanti akan menjadi pelari pertama yang membawa obor di Yogyakarta pada 18 Juli 2018.

 

Lalu Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, akan membuka pawai obor Asian Games pada 18 Juli 2018 di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Obor tersebut akan dibawa berkeliling 54 kota dan 18 provinsi dengan kurang lebih 18 ribu km. Terakhir, obor akan diterima Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada 17 Agustus sebelum diarak ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, untuk acara pembukaan Asian Games 2018. Sayangnya, untuk pelari terakhir ini masih dirahasiakan oleh panitia.

Direktur Ceremony Opening Closing Asian Games 2018 INASGOC, Herty Purba, optimsitis kirab obor bakal berjalan lancar. Sejauh ini, sudah ada 40 atlet yang akan ikut meramaikan di 54 kota, 18 provinsi di Indonesia. Di antara 40 orang tersebut, terselip nama Taufik Hidayat, Yayuk Basuki, Herman Sembalo, dan Yustedjo Tarik.

Nantinya, pada masing-masing kota akan melibatkan 20 pelari di setiap kirab obor. INASGOC total akan mengerahkan 819 pelari yang terdiri dari atlet/mantan atlet, atlet daerah, tokoh-tokoh nasional dan juga artis. Totalnya, INASGOC menyiapkan 200 buah obor untuk kirab ini.

Herti menambahkan kegiatan kirab obor tersebut diharapkan bisa menularkan demam Asian Games 2018 kepada seluruh masyakarat Indonesia. INASGOC berharap bisa mengenalkan kota-kota bersejarah dan pariwisata kepada seluruh dunia.

“Kami mau menujukkan kepada dunia, bahwa kita memiliki banyak sejarah, budaya, pariwisata tapi terwujud dalam satu kesatuan mindset ini yang kami mau tunjukkan ke dunia,” katanya.

Selain dari kalangan atlet, “Samsung Galaxy Team” sengaja dibentuk oleh raksasa teknologi dari Korea Selatan itu untuk meramaikan kirab obor perhelatan olahraga terbesar di Asia ini dengan menggaet sejumlah nama artis besar ibukota, seperti Dian Sastrowardoyo untuk kota Solo, Mikha Tambayong, Chicco Jerikho, Hamish Daud untuk kota Bali, Vidi Aldiano, Adipati Dolken, Nicholas Saputra, hingga Ringgo Agus Rahman.

Sumber: cnnindonesia.com, detik.com, tribunnews.com dan kompas.com