Dalam menjalani kehidupan, manusia kerap membutuhkan media dalam berbagai fungsi, diantaranya seperti hiburan, sebagai sarana informasi, dan lainnya.

Media yang hingga saat ini dapat I-Listeners temui pun beragam, mulai dari televisi yang masih menjadi media utama, internet yang pertumbuhannya kian pesat dari tahun ke tahunnya, hingga radio yang juga masih bertahan menjadi media audio bagi para pendengarnya.

Terkadang, keadaan tersebut memang kerap mengundang berbagai asumsi terhadap eksistensi dari media radio.

Namun, menariknya, hasil temuan Nielsen Radio Audience Measurement pada kuartal ketiga tahun ini menunjukkan bahwa 57% dari total pendengar radio berasal dari para konsumen masa depan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Generasi X, Generasi Z dan Millennials.

Fakta presentase kontribusi pendengar radio tersebut, diantaranya Millennials sebanyak 38%, Generasi X sebanyak 28%, dan Generasi Z sebanyak 19%.

Meskipun saat ini penggunaan internet lebih banyak digemari para penggunanya karena mudah dalam pengaksesannya, namun pada kenyataannya internet tidak lantas mengambil alih peran radio dari para pendengarnya.

Faktanya 4 dari 10 orang pendengar radio mendengarkan radio melalui perangkat yang mereka gunakan yaitu mobile phone.

Tiga kota terbesar dari konsumen yang mendengarkan radio dari perangkat mobile mereka berada di kota Makassar (69%), Medan (44%), dan Jakarta (38%). [teks Cindy Juliana | foto lifeafterradio.ca]