Dalam Masih Sore Sore bersama Angga Nggok dan Indra Prasta, yang masih bersamaan dengan momen #100PersenJadul, kehadiran salah satu diva Indonesia yang akan merilis album baru. Ia adalah Ruth Sahanaya!

Sebelum membahas mengenai album terbarunya, terlebih dahulu ia bercerita mengenai awal kariernya di dunia musik. Wanita yang lebih akrab disapa Mama Uthe ini mulai berkarier secara profesional pada tahun 1986.

Perbedaan berkarier sebagai penyanyi di zaman dulu dan sekarang pun sangat terasa. Yang paling Mama Uthe rasakan perbedaannya adalah proses rekaman lagu.

Masalah penjualan album pun juga sangat terasa. Kalau zaman dulu, toko kaset banyak dan mudah ditemui. Sekarang toko kaset sudah hampir tidak ada. Semua serba digital, termasuk penjualan album dan lagu.

Menurut Mama Uthe, tahun 90an memang adalah masa paling produktif dan berjaya di sepanjang sejarah dunia musik Indonesia. Mulai dari composer, arranger, dan penyanyi semua tak henti-hentinya berkarya dan menciptakan lagu hits.

Sebenarnya, digital itu sudah ada di tahun 90an. Baru awal banget, jadi belum marak. Zaman itu ya masih apa-apa analog,” ujar Mama Uthe.

Berbicara tentang album terbarunya, Mama Uthe menceritakan satu terobosan baru yang ia lakukan di album ini. Ia menggunakan aransemen big band untuk seluruh lagu di album terbarunya nanti!

Gihon, music producer dari Kariza Music Production, menceritakan mengenai awal mula ide big band tersebut.

Konsep big band itu emang asalnya dari kita berdua. Kalau dulu emang udah ada project album gede, dengan orkestra dsb. Tapi belum ada yang pakai big band. Kebetulan ada project Ruth Sahanaya ini, pas banget nih jadinya. Sekalian aja deh dibarengin.

Akan ada 10 lagu di album baru nanti, dan semua lagunya diciptakan oleh Ria Prawiro. Proses pengerjaan seluruh lagu bisa dibilang sangat cepat lho, I-Listeners! Hanya butuh dua hari untuk membuat 10 lagu. Wow!

Pastinya, Mama Uthe juga menyanyikan dua lagu yang termasuk ke dalam album barunya nanti. I-Listeners pasti penasarakan kan? Yuk simak performance-nya di sini!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Gabriella Sakareza | foto dok. IRadio FM]

Baca juga:
Itik lado mudo, makanan yang wajib dicoba di Bukittinggi
“Bahasa Kalbu”, lagu hits dari Titi DJ
17 tahun vakum, New Bening kembali ke industri musik!