Jakarta (19/10/2012) Proyek lanjutan monorel akan menelan biaya Rp 12 triliun. Usai menemui wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di balaikota jakarta hari ini, Direktur Utama PT Adhi Karya, Kiswo Darmawan menjelaskan proyek ini akan menggunakan kereta dalam negeri yang diproduksi oleh PT INKA  dengan sistem persinyalan yang akan dipegang oleh PT LEN dan PT Telkom indonesia.

Terkait jalur yang akan diterapkan di proyek lanjutan ini diakui kiswo akan ada perubahan sehingga kemungkinan tidak semua tiang pancang yang sudah dibuat bisa dimanfaatkan. Namun jalur baru yang sudah diusulkan yaitu tiga jalur yang melewati kawasan ekonomis di Jakarta yaitu Jalur Cawang-Ancol dan Kampung Melayu hingga Bekasi masih akan dikaji hingga 3 bulan ke depan. 

Sementara itu, wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pembangunan monorel ini tetap akan diintegrasikan dengan moda transportasi masal lainnya seperti busway dan MRT. Selain itu, sistem monorel juga akan terintegrasi  dengan pembangunan apartemen murah dan sederhana terpadu dengan puskesmas serta pasar disepanjang kawasan yang dilalui monorel. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah mobilisasi warga dalam kegiatan kesehariannya. (eko/din)

SHARE