Film yang melanjutkan cerita dari sekuel sebelumnya, Rise of the Planet of the Apes dan Dawn of the Planet of the Apes, mengisahkan tentang seekor pemimpin para kera, Caesar (Andy Serkis) yang menginginkan perdamaian antara kera dan manusia.

War For the Planet of the Apes masih berhubungan dengan konflik di seri-seri sebelumnya. Meskipun para kera hanya bersembunyi di hutan selama 2 tahun, tetapi koloni manusia tetaplah mengejar mereka. 

Caesar dan para kera lainnya terpaksa harus berperang dengan tentara yang ingin menghabisi seluruh kera. Pada serangan pertama, Caesar dan para koloni keranya berhasil mematahkan gempuran dari tentara yang ingin menghabisi mereka semua.

Blue eyes (Max Lloyd-Jones), anak dari Caesar, datang setelah melakukan perjalanan panjangnya. Blue eyes mengajak seluruh kera untuk berpindah ke suatu tempat di gurun pasir sana, yang sangat jauh dan sulit untuk dijangkau oleh manusia. Demi keselamatan hidup para kera kedepannya.

Para koloni manusia belum lelah untuk menghabisi para kera. Sampai akhirnya Cornelia (Judy Greer), istri dari Caesar, dan Blue Eyes terbunuh oleh seorang Kolonel tentara (Woody Harrelson). Caesar yang mengetahui hal tersebut, berusaha mengejarnya.

Caesar memerintahkan seluruh kera untuk berpindah ke gurun pasir, yang telah diceritakan oleh Blue Eyes. Setelah semuanya siap untuk berpindah, Caesar tiba-tiba berubah pikiran dan memilih untuk mencari Kolonel tentara yang telah membunuh anak dan istrinya tersebut.

Namun, Maurice (Karin Konoval), Luca (Michael Adamthwaite), dan Rocket (Terry Notari) tidak memperbolehkan Caesar melakukan perjalanannya sendiri. Akhirnya mereka melakukan perjalanan berempat untuk mencari markas Kolonel yang telah membunuh istri serta anak Caesar.

Dalam perjalanannya, mereka bertemu dengan seorang gadis tuna wicara, Nova (Amiah Miller). Dan juga bertemu dengan kera, ia adalah Bad Ape (Steve Zahn). Bad Ape adalah salah satu kera yang bisa berbicara dengan bahasa manusia, seperti Caesar.

Ternyata Bad Ape mengetahui letak markas Kolonel yang sedang dicari oleh Caesar, yang disebutnya Human Zoo.

Setelah sampai di markas tentara tersebut, ternyata para kera yang tadinya ingin untuk berpindah tempat tinggal, semuanya tertangkap oleh pasukan tentara dan dimasukkan ke dalam sel. Hal serupa juga dialami oleh Caesar. Ia harus rela untuk disiksa, dan dimasukkan ke dalam sel bersama kera lainnya.

Hmm, penasaran kan bagaimana akhir ceritanya? Jangan lupa tonton di bioskop kesayangan Anda pada 26 Juli besok ya, I-Listeners

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Adhi Satria | foto dok. 20th Century Fox Film]

Baca juga:
Andien siap curhat di album terbaru!
Petualangan Tarra Budiman mengejar cinta dalam film “Berangkat”
Kolaborasi para musisi dalam Soundrenaline 2017