Di IRadio Keliling (9/12) bersama Feli Sumayku dan Kamal Rasyid kemarin, kita kedatangan seorang backpackers yang sudah tidak asing lagi dan terkenal di Instagramnya. Siapa lagi kalau bukan Yuda!

Yuda berbincang-bincang tentang perjalanannya yang dia katakan sebagai perjalanan yang low-budget. Dia sudah menelusuri semua 34 provinsi Indonesia dalam waktu 3-4 tahun lho, I-Listeners!

Tapi, yang menjadi bahan pembicaraan kemarin sangat spesial, karena Yuda ingin bercerita tentang pengalamannya pada saat mengunjungi provinsi yang dikatakan sebagai provinsi terakhir dalam perjalanannya. Provinsi itu adalah “Kalimantan Barat”.

Mungkin fokusnya kebanyakan orang rata-rata ke Singkawang. Singkawang sendiri itu mungkin bisa dibilang kota bersejarah ya, karena banyak berhubungan dengan bangsa Tiongkok, dan banyak cerita-cerita yang terjadi di sana. Tempat wisatanya juga lebih ke sejarah dan agama” kata Yuda.

Yuda juga bilang bahwa di dekat Singkawang, ada Pantai Pasir Panjang, yang mana pantainya kece banget menurut Yuda.

Bahkan yang dari Sambas juga mengunjungi kota ini karena kota ini sangat lengkap, sampai-sampai ada kebun binatang juga, bangunan-bangunan bersejarah, dll.

Untuk menuju ke Singkawang, kita harus mendarat dulu di Pontianak, lalu kita naik bus yang memakan waktu 2-3 jam.

Selain dengan keindahannya, Singkawang juga memiliki wisata kuliner yang banyak dan unik-unik. Yang paling terkenal di situ adalah “Mie Tiaw”. Mie Tiaw bukan hanya ada di Singkawang, tapi memang adalah makanan yang terkenal di Pontianak.

Ada satu restoran Mie Tiaw yang terkenal di Singkawang, sampai menteri-menteri pun suka mengunjungi dan makan di sana, nama restorannya adalah “Mie Tiaw Asu”.

Asu bukan anjing ya, I-Listeners. Ternyata di Singkawang, ‘Asu’ itu artinya ‘Paman’.

Ada juga yang terkenal namanya “Bubur Pedas”. Bubur ini unik, karena bubur ini berwarna hitam. Hitamnya karena lada, dan bubur ini dicampur dengan daging sapi.

Bagi I-Listeners yang mau travel ke Singkawang, kalian tidak boleh kelewatan beberapa tempat, yaitu ‘Pantai Pasir Panjang’ dan ‘Pulau Simping’.

Bagi kalian yang mau melihat perjalanan Yuda ke mana saja, dan yang tentunya yang kepo dengan Singkawang, kalian bisa follow Instagram Yuda @catatanbackpacker

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Andre Fransisco | foto wisatamu.com]

Baca juga:
Kartika Jahja terdaftar dalam BBC 100 Women
Joey Alexander kembali masuk nominasi Grammy Awards 2017
Smoothies bowl termasuk menu sehat?