Jakarta (18/01) Pemprov DKI Jakarta melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking hunian bagi warga DKI dengan pembayaran DP nol rupiah.

Ground breaking ini dilakukan di hunian vertikal Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, hari ini. Pada tahap pertama ini, PD Pembangunan Sarana Jaya akan membangun satu tower dengan total 703 unit yang pengerjaannya ditargetkan selesai dalam 1,5 tahun.

Ada 20 lantai dengan 703 unit, 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Rumah-rumah ini nantinya akan diberikan pada warga yang berpenghasilan di bawah 7 juta rupiah, harga per unitnya untuk yang tipe 36 adalah 320 juta rupiah, tipe 21 harganya 185 juta rupiah,” ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

Anies menjelaskan bahwa pembangunan hunian dengan  DP nol rupiah ini merupakan janji pada masa kampanye politik, yang dia dan Sandi tepati.  Menurut sebuah janji harus ditepati.

Makin kita bisa mewujudkan apa yang dijanjikan maka kita akan bisa makin mendewasakan demokrasi di indonesia. Hari ini salah satu janji, kami menyebutnya janji bukan program, jadi 23 janji. Kenapa? Karena Janji harus dilunasi. Namanya janji. Kalau kita sebut program, nanti diujung bisa ditambahin kata “mohon maaf programnya tidak bisa terlaksana karena abcd” ,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa proyek ini dibangun di atas tanah seluas 1,4 hektar. Nantinya, akan dibangun dua tower. Dimana akan dilakukan pembangunan satu tower terlebih dulu dengan rincian 513 unit dari tipe 36 m2 (2 kamar) dan 190 unit tipe 21 m2 (1 kamar).

Hunian vertikal ini akan dijual dengan DP 0 rupiah dengan skema pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) melalui Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) yang akan segera dibentuk oleh Pemprov DKI Jakarta, guna meringankan pembayaran angsuran atau cicilan konsumen yang membeli atau dalam hal ini adalah warga DKI Jakarta yang belum memiliki hunian.

Sedangkan tiga tower sisanya pada pembangunan tahap selanjutnya akan dijual dengan skema non FLPP, dalam rangka menjaga keberlanjutan atau sustainability PD Pembangunan Sarana Jaya, untuk mendukung Program Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan hunian DP 0 rupiah ini.

[teks timnewsroom | foto metrotvnews.com]

SHARE