Pagi-pagi Berkarir kali ini kedatangan Bathara Saverigadi Dewandoro atau yang kerap dipanggil Ara. Dalam siaran satu jam bersama Feli Sumayku dan Kamal Rasyid ini Ara menceritakan tentang kariernya dalam bidang tari tradisional di Indonesia.

Remaja berusia 20 tahun ini pertama kali menari pada umur 4 tahun. Ara belajar dengan orang tuanya, yang memiliki sanggar tari. Karier pertamanya menggabungkan antara budaya Jawa Tengah dan Bali. Dan kini sedang mempelajari kembali budaya dari Banyuwangi, Betawi, dan Jawa Tengah.

Pada usia 15 tahun, Ara sudah menjadi seorang penata tari. Setahun kemudian, tepatnya pada usia 16 tahun, ia mendapatkan rekor MURI ketika sedang menata tari Anjani Putra di Taman Mini. Wow!

Ara juga ikut berpartisipasi di kegiatan Solo Menari 24 Jam.

“Iya waktu itu ikut partisipasi di acara itu. Mengangkat budaya Banyuawngi, berjudul Ref(using) yang artinya penolakan. Using itu juga salah satu suku asli dari Banyuwangi. Jadi kita mengkaitkan gandrung Banyuwangi dengan masalah yang sedang terjadi di Indonesia sekarang, tentang penolakan.”

Kamal dan Feli juga menanyai Ara, apakah bisa hanya menjadi seorang penari di Indonesia untuk mencukupi kehidupan sehari-hari?

“Ya paling berkecukupan. Bisa saja jadi mata pencaharian. Kalau saya sih pengen banget bisa punya tempat wisata yang khusus untuk tari. Yang akhirnya nanti bisa mempekerjakan banyak penari-penari tradisional yang mencari nafkah melalui tari ini.”

Ara sempat memiliki cita-cita untuk menjadi seorang penari terbaik di dunia pada tahun 2013 lalu. Tapi niat itu ia urungkan, karena dalam kehidupan tari dibutuhkan kerja sama yang baik antara satu dan lainnya.

“Ya jadi nggak ada yang terbaik, karena dalam kehidupan penari kita butuh kerjasama. Kita saling melengkapi.”

Rencananya pada tahun 2018 nanti, pagelaran tari Ref(Using) akan digelar di Jakarta. Antara di gedung Taman Ismail Marzuki (TIM) atau Gedung Kesenian Jakarta. Hmm, jadi nggak sabar nunggu bisa nonton pagelaran tari ini ya, I-Listeners!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Adhi Satria | foto indonesiakaya.com]

Baca juga:
5 Lagu OST terbaik sepanjang masa
Empat masakan khas Banjar yang patut Anda cicipi!
Tips penting untuk berhasil saat magang!