jokowi batik

Ketika ditanya makna di balik motif gebyak dan warna gelap itu, mantan Wali Kota Solo ini menjawab untuk bertanya kepada yang membuatnya, sambil menunjuk lelaki yang berdiri di sebelahnya. Nama pria itu adalah Santoso Doellah, pengusaha dan pemilik batik merek Danar Hadi.

Seperti yang dilansir dari Kompas.co, Santoso mengatakan bahwa dirinya diminta untuk membuat batik khusus untuk Jokowi. Dia kemudian mendapat inspirasi motif batik yang menggambarkan perjalanan karier politik kader PDI Perjuangan itu. Menurutnya, kuncinya ada di bunga teratai yang mekar dalam motif tersebut.

Menurut Santoso, bunga teratai menggambarkan sosok Jokowi yang sedang ‘naik daun’. Di sekelilingnya ada kupu-kupu yang mendekat mencerminkan keindahan. Karier politik Jokowi, menurut dia, sedang berkembang dan diharapkan mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Jokowi pun manggut-manggut mendengarkan penjelasan itu. Namun, sepertinya sang gubernur sedang berpikir tentang kira-kira seperti apa batik yang mencirikan kota yang sedang dipimpinnya ini. Diakhir perbincangan Jokowi pun berujar bahwa perlu motif yang khas untuk menggambarkan Jakarta.

SHARE