Di IRadio Keliling kali ini barengan sama Kamal Rasyid dan Ian Saybani punya rekomendasi tempat wisata yang tidak kalah keren dengan tempat yang sering Anda kunjungi sebelumnya, tentunya masih berlokasi di Indonesia ya.

Bersama Rani dari Rani Journey Tour & Travel, ia akan “mengajak” Anda ke Sabang, Pulau Weh, Daerah Istimewa Aceh. Kira-kira ada apa saja ya di sana?

Biasanya, orang-orang yang berkunjung ke Pulau Weh akan mendatangi sebuah tugu yang dinamakan tugu 0 (nol) kilometer, dimana saat berkunjung kesana Anda bisa mendapatkan sebuah sertifikat yang menandakan kalau Anda sudah pernah menginjakkan kaki di titik 0 kilometer Indonesia.

Di dekat tugu tersebut Anda juga akan mendapati sebuah tebing, dimana dari tebing tersebut Anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam dari arah barat.

Cukup mudah untuk pergi ke sana. Dari Jakarta, Anda bisa mencari tiket pesawat dengan tujuan Banda Aceh ataupun Medan.

Jika mengambil tujuan ke Medan, Anda bisa mencari bus malam untuk mencapai Aceh dengan estimasi lama perjalanan sekitar 10-12 jam, dan Anda dapat menghemat biaya sampai Rp 300ribu-an.

Di Aceh terdapat sebuah Pelabuhan bernama Pelabuhan Ulele, pelabuhan untuk menyebrang ke Pulau Weh. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk mencapai ke Pelabuhan Balohan di Pulau Weh dengan harga yang tidak mencapai Rp.100ribu.

Jika Anda ingin lebih cepat sampai, Anda bisa memilih speedboat dengan kisaran biaya sekitar 150 – 200 ribu rupiah.

Tidak hanya tugu 0 kilometer, Anda juga bisa mengunjungi sebuah pantai cantik bernama Pantai Iboih yang terletak memang di ujung barat Indonesia. Dengan air lautnya yang tampak begitu jernih, pantai tersebut terkenal dengan wisata bawah lautnya yang indah.

Selain Pantai Iboih, terdapat juga empat pulau kecil lainnya yaitu pulau Rubiah, Klah, Selako dan Rondo.

Untuk Anda yang biasa bepergian dengan high-budget, dari pelabuhan Anda bisa langsung menuju ke Pulau Iboih karena di sana terdapat cukup banyak resort atau cottage yang nyaman.

Tetapi jika Anda memilih bepergian dengan budget yang terbatas, sebaiknya Anda mencari penginapan di daerah kota Sabang di utara Pulau Weh karena harganya yang jauh lebih rendah dari resor-resor di Pulau Iboih.

Dari pelabuhan Anda bisa naik angkutan umum ke arah alun-alun kota Sabang. Untuk berkililing Pulau Weh, Anda juga dapat menyewa motor dengan harga Rp 60rb/ hari.

Di kota Sabang sendiri terdapat beberapa kuliner unik yang khas seperti Mie Jalak dan Sate Gurita. Makanan tersebut wajib Anda coba apabila Anda pergi ke sana.

Bagaimana, I-Listeners? Tertarik untuk mengeksplorasi keindahan ujung barat Indonesia?

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Devina Dea | foto triptrus.com]

Baca juga:
Indokustik bersama Sandy Canester
Melintasi “Dunia Maya” bersama Ari Lasso
Akun Twitter Habib Rizieq dan FPI diblokir