Momen berbuka puasa ialah waktu yang ditunggu-tunggu kaum muslim. Tetapi, kita tak bisa asal mengonsumsi saat berbuka puasa. Kita harus mendahulukan asupan yang sedang dibutuhkan tubuh.

Dijelaskan oleh dr. Dian Permatasari, M.Gz, Sp.GK, ahli gizi klinis dari RSUDTangerang Selatan, bahwa makan berbuka, baiknya yang memberikan energi instan atau karbohidrat simpleks dalam bentuk minuman atau makanan. Tujuannya, untuk menggantikan glukosa yang hilang saat puasa secara cepat. Namun demikian, komposisi makannya harus tetap berdasarkan diet seimbang, yakni 15-20 % protein, 25-30 % lemak, dan 50-65 % karbohidrat.

Nah, apa saja makanan itu? Berikut kami tawarkan rangkuman menu diet terbaik saat sahur dan buka puasa.

> Jus buah

Kehilangan elektrolit saat puasa bisa diganti dengan mengonsumsi buah dan sayur saat berbuka. Tetapi, jika Anda tidak sempat makan buah dan sayur, Anda bisa mengonsumsi jus buah. Pasalnya, buah dan sayur mengandung air dengan kandungan elektrolit yang cepat menghilangkan rasa haus.

> Air kelapa

Air kelapa kaya akan elektrolit. Menurut dr. Dian, air kelapa cukup membangut menghilangkan rasa haus dan menggantikan air dalam tubuh hilang setelah 14 jam lebih berpuasa.

> Buah pepaya

“Dengan kandungan serat dan kadar air yang tinggi, pepaya membantu tubuh kembali terhidrasi. Selain itu, pepaya juga kaya akan enzim – terutama enzim papain – yang terbukti berperan penting dalam proses pencernaan,” jelas dr. Dian.

> Buah melon dan semangka

Dengan kandungan air dalam melon dan semangka mencapai 90 persen sehingga akan cepat mengembalikan cairan tubuh. Selain itu, semangka juga mengandung mineral kalium yang tinggi. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology Regulatory, Integrative dan and Comparative Physiology, kalium akan menyebabkan peningkatan aliran darah yang dihasilkan dari pelebaran arteri dan relaksasi otot.

Menu Inti

> Sandwich telur

Ini adalah menu yang pas bagi Anda yang ingin cepat mengembalikan energi yang keluar selama puasa, namun tetap menjaga asupan kalori yang masuk ke tubuh. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang akan memberikan energi secara konstan.

> Nasi merah

Menu makanan dengan nasi merah akan menyediakan asupan serat serta mengembalikan level gula darah sehingga tubuh kembali berstamina.

> tempe dan tahu

Jangan sepelekan menu murah meriah berbahan dasar kedelai ini. Dalam 100 gram tahu, terdapat sekitar 8 gram protein dengan jumlah kalori 78 kcal. Dalam 100 gram tempe, terkandung 18,54 gram protein yang akan menghasilkan sekitar 193 kalori. “Selain terjangkau, makanan ini mampu membantu regenerasi sel-sel tubuh yang dibutuhkan saat menjalankan puasa atau saat diet,” papar dr. Dian.

> sup kacang merah

Kacang merah memiliki kadar karbohidrat kompleks yang tinggi. Efeknya, rasa kenyang yang dihasilkan saat makan sahur mampu bertahan lama. Berapa satu karbohidat kacang merah dalam semangkok? Jumlahnya sekitar 40 gram. Itu cukup mengeyangkan dan mengembalikan energi Anda setelah berbuka.

Source: Fitness For Men

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

Baca juga:
Keistimewaan bulan suci Ramadhan
Kemeriahan acara Indokustik Ramadhan
“Surat Kecil Untuk Tuhan”, tontonan wajib saat lebaran

 

SHARE