Menjaga pola makan untuk hidup yang lebih sehat

49

Menjaga berat badan merupakan salah satu pola hidup sehat, selain itu juga dengan menjaga berat badan akan memberikan banyak manfaat dalam hidup kita.

Hal yang dapat dilakukan ketika sedang menjaga berat badan adalah dengan pintar memilih makanan yang sehat dan menghindari makanan yang tidak baik untuk tubuh.

Berikut adalah empat makanan yang sebaiknya dihindari demi menjaga pola makan sehat Anda!

1. Minyak kelapa

Bagi Anda yang senang memasak, ketahuilah bahwa minyak kelapa ternyata tidak sebaik yang kalian lihat dari iklan di tv.

Minyak kelapa memberikan beberapa dampak buruk terhadap kesehatan kita karena minyak kelapa mengandung 120 gram kalori per satu sendok makan dan tentunya mengandung 12 gram lemak jenuh.

Bila mengonsumsi minyak kelapa berlebih dapat menyebabkan kolestrol. Anda bisa mengganti minyak kelapa dengan olive oil.

2. Keju

Tentunya Anda tahu kalau keju kaya akan lemak? Ya, untuk Anda yang sedang menjaga pola makan apalagi sedang berusaha menurunkan berat badan, keju adalah big no untuk Anda.

Karena keju memiliki 400 gram kalori per 100 gram keju dan juga 70% dari keju adalah lemak. Gantilah keju dengan produk lain yang rendah kalori dan lemak.

3. Dried fruit

Dried fruit atau buah yang dikeringkan ini juga termasuk ke dalam daftar makanan yang perlu dihindari, karena dalam proses pengeringan buah ini akan membuat nutrisi dan khasiatnya menghilang juga, yang tersisa hanyalah kalori yang tidak baik untuk tubuh.

Daripada memakan dried fruit lebih baik Anda memakan buah asli saja!

4. Roti tawar

Ya, mengagetkan bukan? Roti tawar masuk ke dalam daftar ini karena ternyata roti tawar itu tidak ada nutrisinya, lho. Lebih baik Anda mengganti roti tawar dengan whole grain ya, setidaknya itu lebih bernutrisi daripada roti tawar.

[teks Ghesilia Gianty, I-Listeners Universitas Multimedia Nusantara / sumber National Geographic & Daily Telegraph | foto berbagai sumber]

Baca juga:
Traxkustik Pop Hari Ini edisi #17TahunTraxFM!
Gelar juara dunia kedua bagi pasangan Tontowi/Liliyana!
Aksi para pencuri bayaran dalam “Baby Driver”

SHARE