IrFM-KatedralMuseum

Di tengah gemerlap dan hiruk pikuk kota Jakarta yang dipenuhi gedung pencakar langit, masih tersisa bangunan-bangunan indah yang sarat dengan sejarah. Salah satunya Museum Katedral. Berada di salah satu bangunan Gereja Katedral, museum indah yang dinobatkan sebagai salah satu museum terbaik untuk kategori pelestarian cagar budaya ini layak untuk dikunjungi.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah boleh selain yang beragama Katolik mengunjungi Museum Katedral? Jawabannya, ya. Museum yang berlokasi di Jakarta Pusat ini terbuka untuk semua kalangan, golongan, dan agama. Museum ini tepatnya terletak di balkon utama gereja yang berada di lantai dua, yang biasa digunakan untuk misa.

Riwayat Gereja Katedral yang sangat panjang terangkum rapi dalam koleksi Museum ini. Terdapat sekitar 400 koleksi yang dipamerkan dan sebagian besar milik Pastoran Katedral Jakarta. Salah satu koleksi Museum yang menarik adalah tongkat Paus Paulus VI dan piala Paus Yohanes Paulus II, yang merupakan kenang-kenangan saat mereka berkunjung ke Jakarta.

Selain itu, Museum yang diresmikan pada tanggal 28 April 1991 ini terdapat koleksi relikui, yaitu benda-benda peninggalan orang kudus yang sudah meninggal. Contohnya, rambut, potongan pakaian, dan serpihan tulang. Benda-benda tersebut disimpan dalam wadah kecil berbentuk bundar, dan biasanya ditaruh di dalam altar.

Museum yang pembuatannya diprakarsai oleh Pater Rudol Kurris ini juga menyimpan ukiran patung Bunda Maria berkonde karya Romo Reksaatmadja, yang artinya adalah cerminan budaya Indonesia sebagai salah satu pencetus kesenian Katolik. Ada pula lukisan dari batang pohon karya Kusni Kadut, seorang penjahat kelas kakap yang dihukum mati pada tahun 1980.

Museum Katedral buka tiga hari selama satu minggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 10 pagi sampai 12 siang. Pengunjung juga diharapkan untuk berpakaian rapi dan sopan, mengingat bangunan ini terdapat di area tempat beribadah.

Museum Katedral Jakarta

Alamat Jalan Katedral 7B, Jakarta Pusat

Telepon 021-3519186

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks @nandazahra | foto katedraljakarta.or.id]

Baca juga:
‘Danur’ film horor yang diadaptasi dari novel Risa Saraswati
10 Manfaat semangka untuk kesehatan
Berbagai destinasi menarik di kota Palu