Di IRadio Keliling kali ini, Kamal Rasyid dan Feli Sumayku akan mengajak Anda ke Lampung untuk menghadiri Festival Krakatau bersama Terry Endropoetro.

Lampung sendiri merupakan provinsi yang terletak paling selatan di Pulau Sumatra, dengan ibukotanya adalah Bandar Lampung. Di Lampung, banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi dan salah satunya adalah Festival Krakatau.

Festival Krakatau ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung dalam upaya mengingat peristiwa meletusnya Gunung Krakatau itu sendiri.

43 tahun setelah meletusnya gunung Krakatau, muncullah anak gunung baru yang tumbuh dari laut, yang sekarang disebut sebagai Gunung Anak Krakatau.

Gunung Anak Krakatau ini dulunya adalah pantai dengan kedalaman 27 meter yang terletak di antara Pulau Sertung dan Pulau Rakata Kecil. Saat ini, Gunung Anak Krakatau tingginya telah mencapai 450 meter.

Tahun ini merupakan ke-27 kalinya festival ini diselenggarakan. Untuk dapat turut serta pun Anda harus mengikuti kompetisi yang digelar Pemprov. Lampung, apabila Anda lolos seleksi, Anda dapat menghadiri festival ini.

Kita di sana nggak bisa naik ke puncak, jadi hanya di pundaknya aja karena gak ada surat izin dari BKSDA untuk bisa ke puncaknya. Selain itu, Gunung Anak Krakatau ini masih aktif jadi harus berhati-hati ya. Gunung Anak Krakatau ini juga merupakan cagar alam makanya dijaga banget,” terang Terry.

Untuk dapat mencapai Gunung Anak Krakatau sendiri Anda harus menempuh perjalanan ke Pulau Sebesi terlebih dahulu, kemudian dari situ Anda dapat mengarungi lautan ke Gunung Anak Krakatau menggunakan perahu lalu Anda bisa memulai pendakian.

Selain Pulau Sebesi, Anda juga dapat mendatangi pulau tetangganya yaitu Pulau Umang. Pemandangan di Pulau Sebesi dan Pulau Umang pun sama indahnya, karena dua pulau ini juga masih bersih. Bedanya, Pulau Sebesi juga merupakan pulau penghasil pisang, gula aren, dan biji kakao lho, I-Listeners.

Untuk puncak penutupannya itu ada parade dan festival. Paradenya di jalan raya dan disaksikan juga sama Gubernurnya. Ada parade dari anak SMK mereka pakai baju adat pengantin Lampung yang masing-masing berbeda tapi bagus-bagus,” ujarnya.

Selain parade, terdapat juga lapak yang menjual dari buah tangan hingga kuliner Lampung. Uniknya, dalam festival ini terdapat gajah yang mengikuti arak-arakan. Ini merupakan festival rakyat yang dibentuk guna memperingati meletusnya Gunung Krakatau.

I-Listeners, penasaran nggak sih dengan festival tersebut? Walaupun festival itu sudah lewat, jangan khawatir ya! Anda masih bisa mengikuti Festival Krakatau pada tahun depan, lho.

[Teks Ghesilia Gianty, I-Listeners dari Universitas Multimedia Nusantara | Foto inspiratorfreak.com]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Sumbangkan ide kreatif Anda di Ideafest 2017!
Madagaskar sebagai destinasi kuliner keluarga
Film-film baru untuk mengawali September Anda!