Dalam Masih Pagi Pagi Sehat bersama Kamal Rasyid dan Feli Sumayku IRadio Jakarta kali ini kedatangan seorang dokter yang menjelaskan penyakit kanker kulit. Beliau adalah Dr.Bambang, SpKK.

Penyakit ini bisa dideteksi dengan beberapa cara. Salah satunya adalah jika kita terkena luka di kulit, dilihat proses penyembuhan luka tersebut.

Normalnya, luka kita akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Jika dalam waktu 2 minggu tidak ada penyembuhan sama sekali, harus mencurigai hal tersebut dan langsung dicek.

Selain itu, kanker kulit juga berhubungan dengan sinar ultraviolet. Orang yang sering terkena sinar ini (biasanya dari matahari), akan lebih besar risikonya untuk terkena penyakit kanker kulit.

Contohnya, seperti orang-orang yang memang kerjanya di lapangan. Kegiatan seperti sun bathing juga membuat risiko kanker kulit lebih besar.

Gejala lain terkait dengan penyakit tersebut adalah timbulnya bintil kecil seperti jerawat yang tidak sembuh dalam waktu lama. Biasanya diawali dari bercak hitam yang timbul di kulit, lalu membesar dan timbul luka di tengah bercak tersebut.

Adapula bentuk lain seperti tahi lalat di kulit yang makin lama makin membesar, dan memiliki bentuk yang tidak jelas dan berubah warna.

Selain disebabkan oleh sinar matahari dan tanda-tanda di kulit, kanker kulit juga bisa ditularkan melalui hubungan seksual. Akan tetapi, kejadian seperti ini sangatlah jarang.

Pencegahan paling mudah yang bisa kita lakukan dengan memakai sun block dan juga mengurangi aktivitas outdorr,” ujar Dr.Bambang, SpKK.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Andre Fransisco]

Baca juga:
Rings: “Anda akan mati dalam 7 hari”
Melihat keindahan Pulo Cinta bersama Rizal Agustin
Kehebatan Shia LaBeouf dalam “Man Down”