Di IRadio Keliling bersama Ermilia Tania Sari dan Kamal Rasyid, kita dibawa ke salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur bersama traveller dari Indonesia, Meizal Rossi, yaitu Pulau Sumba.

Di pulau ini, ada salah satu pantai yang belum diketahui banyak orang, tetapi memiliki keindahan yang sangat menawan. Pantai itu adalah Pantai Mawana.

Perjalanan menuju Pulau Sumba dari Jakarta, kita harus transit ke Bali untuk berganti pesawat, dari pesawat besar menjadi pesawat baling-baling kecil.

Lalu dari Bali, menggunakan pesawat baling, langsung menuju ke Bandara Tambolaka dengan estimasi waktu 1 jam 30 menit.

Ketika mendarat, kita bisa melihat keindahan-keindahan bukit yang menjadi ciri khas Sumba.

Akses menuju Pantai Mawana ada 2 jalur ketika kita turun dari bandara, bisa menaiki motor atau mobil. Tapi, sedikit sulit jika kita ingin menyewa motor karena mereka mau menyewakan motornya jika memang kita sudah kenal.

Maka, kebanyakan orang menyewa mobil. Harga sewa mobil untuk satu hari cukup mahal, mencapai 900 ribu.

Perjalanan ditempuh sekitar 2-3 jam dari bandara. Walaupun perjalanan cukup lama, tetapi tidak akan bosan karena pemandangan yang indah sehingga membuat kita mau berhenti sejenak untuk mengambil foto-foto.

Selain Pantai Mawana, ada juga salah satu pantai tersembunyi yang memiliki keindahan yang sangat indah. Pantai itu adalah Pantai Mandorak.

Pantai Mandorak direkomendasi untuk datang pada siang hari, karena akan terlihat jelas pemandangan yang mirip seperti lagoon dengan tebing-tebing yang tinggi dan laut pantai yang jernih.

Untuk penginapan, ada 2 opsi yang bisa kita ambil. Yang pertama kita bisa menyewa kamar dari warga setempat. Akan tetapi, tidak semua orang membuka lowongan kamar untuk disewakan, kecuali memang kita sudah kenal dengan warga tersebut.

Untuk opsi kedua, kita bisa menyewa hotel. Harga hotel di Pulau Sumba antara 350-500 ribu per malam.

Bulan yang diajurkan untuk berlibur ke pulau ini adalah pertengahan tahun, sekitar bulan April-Mei-Juni.

Untuk melihat keseruan Rossi, bisa follow Instagramnya di @meizalrossi

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Andre Fransisco | foto ksmtour.com]

Baca juga:
Toko Roti Jadul, yang tak ada matinya
“Kitab Jodoh”, Fira Basuki luncurkan buku ke-30
Nikmatnya teh berbagai rasa di Lewis & Caroll Tea